3 Pilihan Makanan Cegah Diabetes Kehamilan

doktersehat-diabetes-gestasional

DokterSehat.Com– Saat hamil pola makan bumil tentu harus sangat diperhatikan ya. Hal ini bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan gizinya, namun juga mencegah bumil dari berbagai penyakit yang bisa terjadi saat kehamilan, salah satunya adalah diabetes gestasional atau diabetes kehamilan.

Timbulnya gangguan kesehatan saat hamil tentu tidak diinginkan. Hal ini ternyata bisa dicegah dengan pemilihan bahan makanan yang tepat saat hamil lho.

Ini dia beberapa jenis bahan makanan yang bisa dikonsumsi bumil agar terhindar dari diabetes saat hamil:

1. Buah

Buah merupakan salah satu bahan makanan dengan kandungan serat paling tinggi sehingga mampu mencegah diabetes.

Mengolah buah menjadi berbagai jenis camilan seperti salad, rujak buah atau jus buah sangat dianjurkan untuk menjadi pilihan camilan atau minuman bumil. Namun batasi konsumsi buah maksimal 5-6 porsi dan jangan olah buah dengan terlalu banyak bahan makanan yang mengandung gula, misalnya sirup atau susu kental manis, ya.

2. Sayur

Selain buah, camilan dari sayur harus lebih banyak dikonsumsi oleh bumil ya. Olah sayur menjadi salad sayur atau ibu bisa menjadi jus sayur.

Sayur dianjurkan dikonsumsi lebih banyak dari buah, hal ini disebabkan sayur memiliki kandungan serat yang tinggi dan tidak memiliki kandungan gula seperti pada buah. Pastikan bumil mengonsumsi sayur tidak hanya untuk mencegah diabetes gestasional namun juga untuk memenuhi kebutuhan gizi yang dapat diperoleh dari sayuran misalnya asam folat.

3. Kacang-kacangan

Sama dengan bahan makanan lainnya, kacang-kacangan baik dikonsumsi untuk mencegah diabetes kehamilan. Kandungan serat dalam 100 gram kacang-kacangan lebih tinggi dari satu porsi buah atau sayur.

Untuk itu bumil dianjurkan mengonsumsi camilan kacang. Kacang tentu cukup mudah diolah karena bisa dimakan secara langsung ataupun mengolahnya menjadi bubur kacang hijau atau sup kacang merah.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik