Ibu Hamil Wajib Tahu! Cara Pilih Makanan Cegah & Atasi Mual Muntah

doktersehat-makanan-bumil-mual-muntah

DokterSehat.Com– Mual dan muntah pada ibu hamil kerap dianggap sebagai hal yang wajar terjadi ya. Meskipun kerap terjadi, utamanya pada awal kehamilan, mual dan muntah tentu sebaiknya bisa dicegah atau diatasi dengan baik. Salah satu cara paling tepat untuk mengatasi mual dan muntah adalah dengan memilih bahan makanan yang tepat.

Lalu, bagaimana sih cara memilih makanan untuk mencegah dan mengatasi mual dan muntah pada ibu hamil? Yuk, sama-sama kita simak di bawah ini.

Mual dan muntah pada ibu hamil, lazimnya disebabkan oleh banyak hal. Perubahan hormon umumnya menjadi salah satu penyebab utama munculnya mual dan muntah pada ibu hamil, namun makanan juga memiliki peran penting dalam mencegah hingga mengatasi munculnya rasa mual dan muntah, lho.

Pemilihan makanan dan cara makan yang tepat bisa menjadi sangat efektif untuk mencegah munculnya rasa mual pada ibu hamil.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah mual dan muntah pada ibu hamil adalah dengan:

1. Menyediakan makanan berkarbohidrat bertekstur kering di dekat tempat tidur

Mual saat pagi hari ketika bangun tidur kerap terjadi pada ibu hamil. Untuk mencegahnya,usahakan agar ibu hamil selalu bangun secara perlahan, tidak langsung berdiri dan saat masih di dekat tempat tidur mengonsumsi makanan berkarbohidrat misalnya roti bakar dan biskuit.

Hal ini dinilai efektif untuk mencegah mual muntah pada ibu hamil karena memberikan asupan makanan yang tidak memicu munculnya mual. Perhatikan agar tidak menambahkan margarin atau mentega pada roti atau biskuit yang dikonsumsi ibu hamil di pagi hari karena akan menyebabkan mual.

2. Makan dalam porsi kecil tapi sering

Mengonsumsi makan langsung dalam jumlah banyak akan menyebabkan ibu hamil mengalami mual muntah lebih sering. Untuk mencegahnya, ibu hamil lebih dianjurkan untuk makan dalam porsi kecil tapi lebih sering.

Jika ibu hamil terbiasa makan utama dalam porsi sebanyak 2-3 kali namun menyebabkan mual dan muntah, maka akan lebih baik ibu hamil mengonsumsi makan utama dalam porsi kecil sebanyak 4-6 kali dalam satu hari.

Hal ini akan lebih baik karena asupan makanan yang dikonsumsi ibu hamil bisa masuk lebih banyak, daripada mengonsumsi makan dalam porsi besar namun menimbulkan mual dan muntah.

3. Menghindari makanan yang menyebabkan mual dan muntah

Cara jitu untuk menghindari mual muntah selanjutnya adalah dengan menghindari konsumsi makanna penyebab mual muntah pada ibu hamil seperti: makanan berminyak, bersantan, makanan dengan banyak bumbu yang tajam misalnya cabai atau merica, makanan yang bergas dan hindari konsumsi makanan dengan banyak kuah atau berkuah kental.

4. Tidak langsung tidur setelah makan

Ibu hamil sebaiknya memberi jeda waktu 30-40 menit setelah makan, baik makan utama maupun camilan berat, sebelum tidur. Langsung makan setelah tidur akan menyebabkan terjadinya mua dan muntah.

Lalu, bagaimana cara mengatasi ibu hamil yang sudah terlanjur mengalami mual?

Jika ibu hamil sudah mengalami mual maka makanan yang dianjurkan dikonsumsi adalah:

  • Minuman yang rasanya asam, misalnya air jeruk
  • Mengonsumsi jahe, baik dalam bentuk segar, bubuk, kapsul atau minuman seduh
  • Makanan berkarbohidrat yang teksturnya kering seperti roti bakar atau biskuit
  • Minum air putih 30 menit sebelum dan sesudah mengonsumsi makan utama. Jika ibu hamil masih sering merasa haus, beberapa studi menyebutkan mengulum potongan kecil es batu bisa mengatasi mual pada ibu hamil.

Nah, kini Anda sudah tahu ya bagaimana cara mencegah dan mengatasi mual dan muntah pada ibu hamil melalui pemilihan makanan yang tepat.