Jangan Dihindari, 4 Makanan Berlemak Ini Justru Super Sehat!

alpukat-avocado-doktersehat-1024

DokterSehat.Com– Saat mendengar kata lemak, Anda tentu sepakat jika zat gizi tersebut termasuk dalam zat gizi yang harus dibatasi asupannya, ya.

Hal ini wajar mengingat lemak yang berlebihan dan menumpuk dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan dan memicu penyakit degeneratif.

Lazimnya, kita dianjurkan untuk menghindari konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak, baik lemak yang terkandung alami di dalam bahan makanan, maupun lemak akibat metode pemasakan bahan makanan.

doktersehat minyak zaitun untuk pelumas
photo credit: Pexels

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis bahan makanan yang banyak mengandung lemak, namun justru baik dikonsumsi untuk tubuh?

Kandungan lemak baik yang ada pada bahan makanan alami

Ya, beberapa jenis bahan makanan alami, memang memiliki kandungan lemak jenis lemak tidak jenuh yang baik untuk tubuh.

Lemak tidak jenuh merupakan jenis lemak baik yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh, berupa peningkatan kadar kolesterol baik, atau HDL, dalam tubuh.
Makanan-pengganti-nasi-kentang-doktersehat-1Kolesterol baik, merupakan jenis kolesterol yang lebih dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsi dasar lemam, yang tidak membuat lemak jahat menumpuk dalam pembuluh darah.

Hal ini akan mendukung kesehatan tubuh yang optimal karena metabolisme tubuh, peredaran darah, dan fungsi organ bisa menjadi lebih sehat. Selain itu, risiko terjadinya panyakit akibat kolesterol yang tinggi juga bisa ditekan.

Umumnya lemak baik yang ada pada bahan makanan berasal dari makanan nabati, meskipun tidak menutup kemungkinan pula ada pada sebagian kecil jenis makanan hewani.

Lantas, apa saja bahan makanan berlemak yang baik untuk kesehatan tubuh?

Beberapa bahan makanan yang banyak mengandung lemak, namun baik untuk kesehatan tubuh, antara lain:

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan bahan makanan protein nabati yang banyak mengandung lemak. Jenis lemak yang ada pada kacang-kacangan adalah lemak nabati yang memiliki banyak kandungan vitamin dan fitonutrien yang baik untuk tubuh.
Beberapa jenis kacang, utamanya kacang kedelai, bahkan terbukti memiliki kandungan omega 3 yang baik untuk kesehatan tubuh dan jantung.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, usahakan menjadikan kacang sebagai bagian dari bahan makanan harian yang Anda konsumsi paling tidak 1-2 porsi dalam satu hari. Anda bisa memilih berbagai jenis kacang-kacangan, mulai dari kacang kedelai, kacang almond, kacang merah, atau kacang edamame.

2. Biji-bijan

Dianggap sepele, namun biji-bijian selalu terbukti memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.
Tidak hanya kandungan fitonutriennya yang tinggi, namun juga karena memiliki kandungan lemak yang super sehat untuk tubuh.

Tak heran, belakangan ini banyak dibuat minyak nabati yang berasal dari biji-bijian, misalnya minyak biji bunga matahari, biji chia atau minyak biji rami.

Anda bisa memanfaatkan biji-bijan utuh sebagai bahan makanan tambahan dengan menambahkannya dalam roti, salad atau sebagai topping minuman.

3. Buah alpukat

Buah yang super nikmat jika dibuat sebagai jus ini kerap tidak disadari mengandung banyak lemak.
Akan tetapi, tak perlu khawatir, karena kandungan lemak yang ada pada buah alpukat tergolong lemak baik yang banyak mengandung HDL.

Anda bisa menggunakan lemak pada buah alpukat untuk memenuhi kebutuhan lemak harian, agar asupan lemak dan kolesterol dalam tubuh menjadi lebih baik. Hal ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan potongan atau olesan alpukat di atas roti ketimbang menggunakan olesan dari mentega yang tinggi lemak hewani.

4. Ikan

Anda tentu sudah sering mendengar bahwa ikan memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan tubuh, bukan?
Ikan-dilarang-ibu-hamil-doktersehat-1Ya, hal ini memang benar adanya dan membuat ikan menjadi bahan makanan yang mengandung lemak baik yang tinggi serta lebih rendah kolesterol ketimbang jenis makanan hewani lainnya.

Agar kandungan lemak baik dalam ikan semakin optimal, usahakan selalu sajikan ikan dengan metode masak yang rendah lemak, ya.