Makanan Berikut Akan Menjaga Gigi Anak Tetap Kuat

DokterSehat.Com – Anak dengan gigi geripis tentu akan menjadi pemandangan yang cukup sering kita temukan. Pada usia ini, banyak orang tua yang memang belum memberikan contoh yang baik tentang perawatan gigi. Tak hanya itu, kebiasaan orang tua yang suka memberikan makanan yang manis juga akan membuat gigi anak mudah bermasalah. Padahal, seharusnya anak semenjak dini harus diajari cara membersihkan gigi dengan benar, khususnya menyikat gigi secara rutin setelah makan dan sebelum tidur. Untuk memastikan gigi anak menjadi lebih kuat, kita juga bisa memberikan mereka makanan-makanan yang memang bisa membuat gigi anak menjadi lebih kuat seperti sebagai berikut.

doktersehat-kesehatan-gigi-berlubang-karang

Susu
Susu sudah dikenal luas sebagai asupan yang bisa membuat gigi dan tulang anak menjadi lebih kuat. Pakar kesehatan menyebutkan jika susu, atau produk olahan susu lainnya layaknya keju akan membuat asam yang diproduksi oleh bakteri pemicu plak pada mulut menjadi lebih netral. Tak hanya itu, nutrisinya memang bisa membuat kekuatan gigi menjadi lebih baik.

Kacang
Makanan yang nikmat untuk dijadikan camilan ini ternyata bisa merangsang air liur untuk diproduksi lebih banyak. Banyaknya air liur tentu akan membantu pembersihan gigi dari berbagai macam bakteri yang bisa memicu masalah kesehatan gigi, gusi, dan mulut. Tak hanya itu, kacang yang kaya akan protein akan membuat gigi lebih kuat.

Buah-Buahan dan Sayuran Renyah
Beberapa buah dan sayuran yang renyah untuk dimakan layaknya apel, seledri, hingga wortel ternyata sangat baik bagi kesehatan gigi. Buah-buahan dan sayuran ini bisa merangsang produksi air liur yang akan membuat bakteri menghilang dan menetralkan asam yang bisa merusak gigi. Tak hanya itu, memakan makanan ini akan membuat kita mencegah pertumbuhan plak pada gigi dengan lebih baik.

Baca Juga:  Bunuh Diri Masih Belum Dianggap Masalah Serius di Indonesia

Teh Hijau
Teh hijau ternyata memiliki senyawa catechin yang akan sangat baik dalam menurunkan gejala penyakit periodontal dan menjaga kesehatan gusi. Tak hanya itu, senyawa ini, juga mampu membuat kita melawan peradangan dan infeksi pada gigi yang kerap kali disebabkan oleh bakteri.