Makanan Bergula Bisa Memicu Peningkatan Jumlah Bakteri di Dalam Mulut dan Gigi Berlubang

Selain bisa memberikan banyak sumber energi bagi aktifitas harian, makanan yang kaya akan kandungan gula juga dikenal luas kurang baik bagi kesehatan tubuh, khususnya jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika makanan yang kaya gula bisa membuat kesehatan gigi dan mulut mengalami masalah mengingat kandungan gula ini sangat disukai bakteri yang ada di dalam mulut. Jika kita banyak mengkonsumsi makanan yang kaya gula, maka bakteri bisa tumbuh dengan sangat pesat dan mengubah gula ini menjadi asam. Hasilnya adalah, asam bisa membuat gigi mengalami kerusakan pada lapisan email atau mengalami masalah gigi berlubang!

doktersehat-gula-manis-cokelat-food-craving

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan pada setiap orang di dunia untuk membatasi asupan gula setiap hari setidaknya 5 persen dari keseluruhan konsumsi kalori harian. Pakar kesehatan Ratu Mirah Afifah juga menyebutkan sebaiknya kita membatasi asupan gula harian maksimal sekitar 6 sendok teh saja atau sebanyak 25 gram. Dengan batasan konsumsi gula ini, kita bisa menurunkan resiko terkena masalah gigi berlubang dengan lebih baik.

Kita seringkali salah kaprah dalam menilai asupan gula hanya terbatas pada konsumsi gula pasir saja sehingga berpikir jika asalkan kita sedikit memberikan gula pada minuman layaknya teh yang kita konsumsi, maka kita sudah membatasi asupan gula harian. Padahal, di dalam bahan makanan sendiri memiliki banyak kandungan glukosa, fruktosa, dan juga sukrosa. Selain itu, beberapa produk camilan layaknya permen atau bahkan minuman layaknya jus buah atau minuman kemasan juga banyak mengandung gula.

Ratu Mirah sendiri memberikan tips agar kita bisa mengurangi konsumsi gula dengan cara mulai mengurangi camilan-camilan manis. Jika diperlukan, alih-alih dikonsumsi sebagai camilan, berikanlah makanan manis sebagai hidangan penutup makan besar sehingga konsumsi camilan manis pun berkurang. Selain itu, jika kita masih memiliki anak yang meminum susu dengan dot, biasakanlah untuk membersihkan gigi setelah konsumsi susu dan jangan biarkan anak minum susu dengan dot hingga tertidur. Dengan menjaga konsumsi gula dan rutin membersihkan gigi setiap hari, maka kita pun tidak akan mengalami masalah gigi dan mulut.