15 Makanan Bergizi Terbaik untuk Kehamilan

doktersehat tips diabetes hamil

DokterSehat.Com– Mempertahankan menu makanan sehat selama kehamilan sangat penting. Selama waktu ini, tubuh Anda membutuhkan nutrisi, vitamin dan mineral tambahan. Bahkan, Anda mungkin membutuhkan 350-500 kalori tambahan setiap hari selama trimester ke-2 dan ke-3.

Menu makanan yang tidak memiliki nutrisi penting dapat berdampak negatif terhadap perkembangan bayi.

Kebiasaan makan yang buruk dan kelebihan berat badan juga dapat meningkatkan risiko diabetes gestasional dan kehamilan atau komplikasi kelahiran.

Sederhananya, memilih makanan yang sehat dan bergizi akan membantu memastikan kesehatan Anda dan bayi Anda. Ini juga akan mempermudah kehilangan berat badan kehamilan setelah Anda melahirkan.

Berikut 15 makanan bergizi tinggi yang baik dikonsumsi untuk kesehatan ibu dan bayi.

1. Telur

Karena telur kaya akan kandungan protein, makanan mudah dicari ini membantu menyehatkan otot dan tulang yang belum lahir dengan baik.

2. Ikan

Tips diet selama kehamilan termasuk makan ikan, karena ikan adalah sumber makanan kaya vitamin E yang dapat memperkuat sistem saraf bayi Anda.

3. Apel

Apel kaya akan antioksidan dan serat, sehingga sangat baik untuk kesehatan bayi dan juga dapat membantu meredakan sembelit terkait kehamilan.

4. Kacang

Kacang juga merupakan sumber protein baik dan membuat makanan yang bagus untuk bayi yang sehat.

5. Ubi jalar

Mengonsumsi kentang manis selama kehamilan termasuk makan ubi jalar, karena ubi kaya akan vitamin C dan folat, yang baik untuk Anda dan bayi.

6. Kenari

Makan sehat selama kehamilan berarti menambahkan kenarit ke dalam diet Anda, karena jenis kacang ini kaya akan asam lemak omega-3.

7. Almond

Almond kaya akan vitamin E dan protein, jenis kacang yang lezat ini penting untuk perkembangan tulang yang belum lahir.

8. Susu

Minuman ini salah satu sumber vitamin dan protein terbaik, untuk itu susu adalahj minuman yang baik untuk dikonsumsi selama kehamilan.

9. Biji Gandum

Biji gandum baik untuk bayi yang sehat, karena ini adalah sumber karbohidrat baik yang dapat memberi energi dan memberi nutrisi pada bayi.

10. Channa Chickpeas

Channa chickpeas atau channa juga dapat ditambahkan ke diet Anda selama kehamilan, karena kaya akan kandungan protein.

11. Daun bayam

Sayuran hijau ini kaya akan kandungan zat besi yang dapat membantu perkembangan sel darah sehat pada bayi Anda.

12. Alpukat

Mengonsumsi buah alpukat juga sangat baik untuk bayi dalam kandungan, karena kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat menyehatkan Anda dan bayi yang sedang berkembang.

13. Salmon

Salmon sangat kaya akan asam lemak omega-3 esensial. Biasanya wanita hamil tidak mendapatkan cukup omega-3 dari diet mereka. Asam lemak Omega-3 sangat penting selama kehamilan, terutama asam lemak omega-3 rantai panjang DHA dan EPA. Kandungan terebut ditemukan dengan jumlah tinggi dalam makanan laut, dan membantu membangun otak dan mata janin.

14. Buah beri

Buah beri mengandung air, karbohidrat sehat, vitamin C, serat dan senyawa tanaman. Buah ini umumnya mengandung tinggi vitamin C, yang membantu tubuh menyerap zat besi. Vitamin C juga penting untuk kesehatan kulit dan fungsi kekebalan tubuh.

15. Brokoli

Brokoli mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Ini termasuk serat, vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, zat besi, folat dan kalium. Brokoli juga kaya akan antioksidan dan mengandung senyawa tanaman yang bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh dan pencernaan. Karena kandungan seratnya yang tinggi, sayuran ini juga dapat membantu mencegah sembelit. Ini adalah masalah yang sangat umum di kalangan wanita hamil.