Makanan Apa Saja yang Bisa Dikonsumsi Oleh Pasien Gagal Ginjal?

DokterSehat.Com – Penderita gagal ginjal adalah salah satu orang yang paling menderita di seluruh dunia. Bagaimana tidak, tanpa adanya organ yang bisa melakukan penyaringan pada darah, mereka pun berpotensi terkena berbagai racun dan paparan berbahaya lainnya sehingga harus melakukan penyesuaian diet sehari-hari. Hal ini tentu membuat penderita gagal ginjal tidak boleh makan secara sembarangan. Sebenarnya, makanan apa sajakah yang bisa dikonsumsi oleh pasien gagal ginjal?

doktersehat-gagal-ginjal-akut-penyakit-Hidronefrosis-kanker

Pakar kesehatan menyebutkan jika ada setidaknya tiga hal yang harus diperhatikan oleh penderita gagal ginjal saat makan, yakni kandungan garam, potasium, dan juga protein agar mereka bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh.

Menghindari produk yang memiliki kandungan tambahan garam
Tahukah anda jika sebenarnya kita sudah mengkonsumsi sodium atau garam dengan kadar yang cukup banyak setiap hari? Memang, garam bisa membuat makanan menjadi terasa sedap namun hal ini ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi pasien gagal ginjal, apalagi jika kita juga mengkonsumsi makanan yang memang sudah kaya akan kandungan garam tambahan layaknya junk food, sayur kalengan, keju, daging olahan, hingga sup kalengan. Hindari makanan-makanan tersebut demi kesehatan tubuh.

Memilih makanan yang rendah kadar potasium
Penderita gagal ginjal sangatlah direkomendasikan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan potasium yang rendah layaknya apel, kacang hijau, wortel, anggur, strawberry, hingga kubis. Sementara itu, makanan yang kaya akan kandungan potassium layaknya jeruk, bayam, tomat, hingga kentang sebaiknya tidak dikonsumsi.

Membatasi konsumsi protein harian
Pakar kesehatan selalu mewanti-wanti penderita gagal ginjal untuk membatasi konsumsi makanan kaya protein layalnya telur, daging tanpa lemak, susu, keju, dan juga kacang-kacangan. Sementara itu, ada baiknya mulailah memperbanyak asupan sayuran, buah-buahan, dan juga sereal.