Makanan Apa Saja yang Aman Bagi Penderita Sakit Maag?

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang cukup menyebalkan adalah sakit maag. Bagaimana tidak, saat maag datang, perut kita akan langsung terasa tidak nyaman sehingga berbagai aktifitas harian kita bisa terganggu. Ada cukup banyak penyebab dari sakit maag ini. Namun, penyebab paling sering dari gangguan pencernaan ini adalah kebiasaan makan yang tidak sehat, khususnya dalam mengkonsumsi makanan tertentu yang bisa menyebabkan maag. Sebenarnya, apa sajakah makanan yang aman dan tidak aman bagi penderita penyakit maag agar bisa mencegah datangnya penyakit ini?



Buah-buahan
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa jenis buah-buahan yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita maag sekitar dua hingga empat porsi dalam sehari. Buah-buahan tersebut adalah apel, anggur, melon, kiwi, pear, dan buah persik. Sementara itu, beberapa jenis buah-buahan layaknya jeruk yang sudah dijus, berry, dan beberapa jenis buah yang dikeringkan sebaiknya dihindari oleh penderita maag karena bisa menyebabkan kadar asam lambung meningkat.

Sayur mayur
Sayuran sudah dikenal luas sebagai bahan makanan yang sangat baik bagi kesehatan saluran pencernaan. Sayangnya, ada beberapa jenis sayuran layaknya paprika, sawi, kubis, dan kol yang sebaiknya dihindari oleh penderita maag karena bisa menyebabkan produksi gas berlebihan pada lambung.

Daging-dagingan
Meskipun kita memiliki masalah maag, kita masih bisa mengkonsumsi daging-dagingan. Hanya saja, pastikan untuk tidak mengkonsumsi daging yang dijadikan makanan bersantan karena bisa menyebabkan maag. Pakar kesehatan sendiri merekomendasikan daging panggang atau daging rebus yang jauh lebih sehat.

Beberapa jenis minuman
Apakah penderita maag sebaiknya tidak mengkonsumsi minuman berkafein layaknya kopi sama sekali? Pakar kesehatan menyebutkan jika asalkan penyakit maag yang kita derita tidak terlalu parah dan kita sudah mengkonsumsi makanan sebelumnya, maka konsumsi kopi tidak akan memicu maag.