Makanan Anti-lelah Untuk Ibu Hamil

DokterSehat.com – Lelah, lesu, dan malas kerap dikeluhkan ibu hamil pada trimester pertama dan trimester akhir. Dengan adanya keluhan ini tentu saja aktivitas Anda akan terganggu. Agar hal ini tidak terjadi pada kehamilan Anda berikut ini beberapa makanan yang bisa membantu Anda mengatasi kelelahan saat hamil:



1. Ikan laut

Ikan laut memiliki konsentrasi garam yang lebih tinggi ketimbang ikan air tawar. Selain itu, ikan laut juga mengandung asam lemak omega 3 tinggi dan antioksidan yang penting untuk ibu hamil. Namun, Anda tetap harus berhati-hati memilih ikan laut guna menghindari kandungan merkuri yang tinggi dan berakibat buruk pada janin. Pilihlah ikan salmon, tuna, dan sarden yang kandungan merkurinya rendah.

2. Yoghurt

Yoghurt memiliki kandungan vitamin D, serat, protein, dan kalsium tinggi yang bisa mencukupi kebutuhan gizi ibu hamil. Mengonsumsi yoghurt dapat mengurangi kelelahan pada trimester awal dan menjelang persalinan. Plain yoghurt atau sweet plain aman dikonsumsi ibu hamil karena hanya ditambahkan gula atau madu saja.

3.  Buah Pisang

Kurangnya zat besi pada ibu hamil dapat menyebabkan kelelahan pada ibu hamil. Untuk mengatasinya ibu hamil disarankan mengkonsumsi buah pisang yang bisa menambah energi dan mengusir kelelahan.

4.  Bayam

Bayam mengandung asam folat dan zat besi yang dapat membantu mengatasi anemia yang kerap dialami ibu hamil. Anemia merupakan salah satu penyebab munculnya kelelahan, lesu, dan kurang berenergi saat hamil.

5.  Buah Delima

Buah delima bisa meningkatkan sirkulasi darah sehingga dengan kondisi darah anda yang lancar akan terhindar dari kelelahan dan menjaga keseimbangan metabolisme di dalam tubuh. Selain itu kandungan dalam buah delima akan membantu anda dalam mengatasi keguguran dan akan mengurangi kecederaan otak  selama perkembangan janin berlangsung.

Baca Juga:  Maria Sharapova Doping Meldonium