Makan Ternyata Bisa Menyembuhkan Insomnia

DokterSehat.Com – Kini, banyak orang yang mengeluhkan sulit mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas karena masalah insomnia. Kehidupan modern yang memberikan banyak tekanan dan tuntutan membuat banyak orang terkena stress atau depresi. Ditambah dengan gaya hidup yang cenderung kurang sehat, maka semakin banyaklah penyebab dari masalah kurang tidur atau insomnia. Jika kita kekurangan waktu tidur, maka kesehatan tubuh kita pun bisa bermasalah di kemudian hari. Apakah ada cara sederhana yang bisa dilakukan agar kita bisa kembali tidur dengan nyenyak dan lelap?

doktersehat-lapar-tengah-malam

Sebuah penelitian yang dilakukan American Academy of Sleep Medicine membeberkan sebuah hasil yang cukup menggembirakan dimana untuk mendapatkan waktu tidur yang nyenyak, kita bisa melakukan hal yang sangat mudah untuk dilakukan, yakni dengan makan. Ya, anda tidak salah baca. Dengan mengkonsumsi makanan, khususnya yang rendah lemak dan kaya serat, maka tubuh pun akan memiliki kecenderungan untuk lebih rileks sehingga tidur yang nyenyak pun akan lebih mudah didapatkan. Penelitian yang melibatkan 26 orang partisipan yang diteliti pola makan dan tidurnya selama lima hari ini mendapati fakta dimana setelah tiga hari, partisipan yang mengatur pola makan dan dietnya akan cenderung lebih mudah mendapatkan tidur nyenyak.

Dengan diet yang lebih terkontrol, partisipan penelitian setidaknya hanya membutuhkan 17 menit untuk mendapatkan tidur yang sangat lelap. Sementara itu, partisipan yang makan sesuka hatinya cenderung membutuhkan waktu yang lebih lama, yakni 30 menit untuk kemudian baru bisa tertidur dengan nyenyak. Penelitian ini juga menunjukkan fakta dimana jika kita banyak mengkonsumsi makanan berlemak, makanan manis, dan miskin serat, maka kesulitan untuk tidur pun akan jauh lebih besar.

Baca Juga:  Mengisi Ulang Botol Air Minum Ternyata Membuatnya Penuh Dengan Kuman

Melihat adanya fakta ini, maka kita yang mengalami insomnia pun sebaiknya mulai memperbaiki pola makannya agar menjadi lebih sehat. Dengan tidur yang jauh lebih berkualitas, maka kesehatan tubuh pun akan menjadi semakin membaik.