Makan Terlalu Malam Tidaklah Baik Bagi Tubuh

DokterSehat.Com – Acara televisi di dalam rumah seringkali semakin malam justru semakin menarik. Banyak program olahraga atau film yang bisa kita nikmati hingga larut malam sehingga kita cenderung akan mengurangi waktu tidur kita dan memilih menikmati hiburan. Banyak diantara kita yang memilih untuk menikmati makanan pada jam-jam yang larut sambil menikmati hiburan karena terasa lapar. Meskipun membuat perut kenyang dan nyaman, makan pada jam-jam yang sudah sangat larut ternyata bisa memberikan dampak kesehatan tersendiri bagi tubuh.

doktersehat-lapar-makan-wanita

Waktu makan yang dianggap sebagai waktu yang terlalu larut adalah jika kita memakan makanan pada waktu di atas pukul 21:00. Jam-jam tersebut memang cenderung membuat perut terasa lapar sebelum kita tidur sehingga kita memilih untuk memakan makanan atau camilan malam. Sayangnya, kegiatan ini justru bisa memberikan resiko semakin bertambahnya berat badan. Mengapa hal ini terjadi? Memakan di jam yang terlalu malam bisa membuat kalori tidak akan sempat untuk dibakar sehingga kalori pun cenderung diubah menjadi kadar trigliserida. Peningkatan kadar trigliserida dalam tubuh tentu saja akan membuat berat badan menjadi meningkat dan gangguan pada peredaran darah dan jantung. Disinilah awal mula pemahaman makan terlalu malam bisa memicu obesitas.

Makan di waktu yang mepet dengan jam tidur memang bisa membuat tubuh menjadi mudah mengantuk. Sayangnya, makan pada jam-jam yang mendekati waktu tidur bisa menyebabkan gangguan pada perut dan saluran pencernaan. Perut kembung sering kali disebabkan karena aktifitas makan larut ini. Waktu tidur pun cenderung akan lebih terganggu karena waktu tidur yang biasanya dipakai organ tubuh untuk beristirahat dan menetralisir berbagai racun yang memasuki tidur justru dipaksa untuk bekerja keras dan mencerna makanan. Secara tidak langsung, siklus tidur terganggu dan kualitas tidur pun sangat menurun sehingga saat bangun keesokan harinya justru tubuh menjadi lesu.

Baca Juga:  Hanya 30 Persen Orang Yang Mencuci Tangan Setelah Ke Kamar Mandi

Biasakan memberi jarak memakan makanan dengan waktu tidur setidaknya beberapa jam sehingga organ pencernaan pun memiliki waktu untuk beristirahat dengan total waktu tidur dan tidak perlu mencerna makanan. Usahakan perut dalam kondisi yang kenyang pada jam-jam larut atau menjelang waktu tidur sehingga kita tidak ingin memakan makanan lagi hingga waktu tidur tiba.