Bolehkah Langsung Makan Setelah Olahraga?

DokterSehat.Com – Banyak anak muda yang rajin melakukan olahraga di pagi hari dengan melakukan jogging atau sekadar berjalan-jalan dan kemudian setelah berolahraga, mereka akan langsung memakan makanan di tempat jajanan sebagai penghilang lapar. Apakah hal ini baik untuk dilakukan? Banyak orang yang berpikir jika kondisi ini akan membuat olahraga menjadi percuma. Sebenarnya, makan setelah olahraga ternyata bukan menjadi masalah yang besar, asalkan kita mengetahui beberapa aturan yang bisa membuat tubuh kita tetap dalam kondisi yang sehat seperti sebagai berikut.

doktersehat-sayuran-olahraga

Jeda Waktu dan Kandungan Makanan
Olahraga kerap kali menguras fisik dengan cepat sehingga tubuh akan merasa lapar dan haus setelah selesai berolahraga. Dengan makan atau minum, maka kita bisa menghilangkan rasa lapar dan haus tersebut. Makanan yang bergizi memang bisa membuat tubuh menjadi pulih kembali, namun ada baiknya anda jangan langsung makan setelah berolahraga. Berikan jeda hingga 30 menit atau 1 jam dan barulah anda mulai makan sehingga berbagai nutrisi makanan pun akan terserap dengan baik untuk tubuh. Disamping itu, pastikan pula makanan yang dimakan tidak memiliki kandungan protein yang terlalu banyak. Memang, makanan dengan kadar protein yang tinggi akan membuat massa otot menjadi lebih baik, namun pastikan juga makanan yang kita konsumsi memiliki banyak lemak baik untuk pemulihan bagian otot dan persendian. Makanan layaknya kacang-kacangan, sayuran hijau, atau bahkan telur akan sangat baik untuk dikonsumsi setelah berolahraga.

Porsi Makan dan Tingkatkan Asupan Cairan
Pastikan pula bahwa kita memakan makanan dengan wajar dan tidak berlebihan. Seenak apapun makanan yang kita makan setelah berolahraga, pastikan bahwa anda hanya memakan makanan secukupnya dan tidak berlebihan sehingga tubuh tidak merasa tidak nyaman atau bahkan rasa mual. Selain itu, pastikan pula bahwa anda meminum air dengan banyak setelah olahraga sebagai pengganti banyak cairan tubuh yang menghilang saat berolahraga. Hanya saja jangan meminum minuman yang kurang baik bagi tubuh layaknya minuman ringan, kopi, atau bahkan minuman beralkohol setelah berolahraga. Minumlah air putih yang sehat dan bisa membuat tubuh menjadi terhidrasi kembali sehingga badan pun segera segar dan fit kembali.