Makan Sehat dan Seimbang untuk Pengidap Kanker Serviks

kanker-serviks-doktersehat

DokterSehat.Com– Penderita kanker serviks tidak bisa makan sembarangan seperti layaknya wanita yang sehat. Mereka harus melakukan diet seimbang dan pengatur apa saja yang masuk ke dalam mulut agar nutrisi tetap terjaga dan kanker tidak berkembang menjadi lebih besar.

Untuk mengetahui seperti apa menu makan sehat bagi pengidap kanker serviks, simak ulasannya di bawah ini.

Kandungan nutrisi yang dibutuhkan
Penderita kanker serviks membutuhkan nutrisi yang seimbang untuk mencukupi kebutuhan dietnya. Kandungan nutrisi seperti protein, karbohidrat, dan lemak harus diatur agar komposisinya sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Selanjutnya, tubuh juga membutuhkan karotenoid, asam folat, dan flavonoid. Tiga zat ini memberikan manfaat ekstra sehingga penderita kanker serviks bisa bertahan dan kanker tidak berkembang menjadi lebih besar.

Pola makan setiap harinya
Pola makan pada pengidap kanker serviks hampir sama dengan wanita sehat. Dalam sehari, makan dibagi menjadi tiga periode.

Sarapan didominasi dengan jus buah, Anda bisa menggunakan jeruk, melon, atau apel. Yoghurt juga bisa dikonsumsi saat pagi hari bersama dengan granola bar.

Makan siang bisa diisi dengan roti lapis. Bahan makanan ini bisa berupa roti gandung untuk karbohidrat, sayur untuk serat, jamur untuk protein, dan keju untuk lemak.

Saat makan malam, menu hampir sama dengan menu siang. Karbohidrat disarankan dari bahan gandum, aneka sayur dan buah segar untuk serat, dan ayam (bisa ikan) untuk kebutuhan protein.

Daftar bahan makanan yang harus dibeli
Untuk bisa mengikuti menu di atas atau melakukan modifikasi agar meningkatkan selera makan, disarankan untuk memasak sendiri. Untuk bahan makannya, simak daftar berikut:

  • Aneka protein tidak berlemak seperti daging merah, ikan, dan olahan susu
  • Gandum utuh atau oatmeal
  • Aneka protein nabati seperti jamur
  • Sayuran segar khususnya yang hijau
  • Buah khususnya yang bervitamin C

Hindari makanan yang berlemak, minyak kelapa, makanan berpengawet, dan bahan olahan lain. Selalu gunakan bahan segar untuk diolah sebelum dimakan.