Bahaya, Jangan Makan Ini Sebelum Tidur

doktersehat-cokelat

DokterSehat.Com– Sudah menjadi rahasia umum jika makan sebelum tidur sangatlah tidak disarankan oleh pakar kesehatan. Kebiasaan ini bisa membuat kita mengalami tidur yang tidak nyenyak atau menaikkan berat badan. Hanya saja, kadangkala perut kita merasa lapar sebelum tidur. Jika kita tidak mengonsumsi makanan apapun untuk mengganjal perut, bisa jadi kita justru akan mengalami susah tidur.

Dilansir dari Men’s Health, cobalah untuk mengonsumsi makanan sehat seperti buah jika ingin mengganjal perut sebelum tidur. Selain itu, pastikan untuk tidak mengonsumsinya dalam porsi yang besar.

Makanan pertama yang sebaiknya tidak kita konsumsi dekat dengan waktu tidur adalah cokelat. Meskipun memiliki rasa yang manis dan disebut-sebut kaya akan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Dalam realitanya kebanyakan cokelat, apalagi yang dijadikan kue atau biskuit memiliki kandungan gula yang tinggi yang tentu bisa memicu kenaikan berat badan. Selain itu, cokelat juga memiliki kandungan kafein tersembunyi yang bisa mengganggu kualitas tidur kita.

Makanan lain yang sebaiknya tidak kita konsumsi sebelum tidur adalah makanan berlemak layaknya gorengan, susu, yoghurt, es krim, atau keju. Mengonsumsinya bisa membuat kita tidak mampu mendapatkan tidur yang nyenyak sehingga saat bangun tubuh akan terasa sangat tidak nyaman.

Ada baiknya kita juga tidak mengonsumsi makanan pedas seperti sambal atau makanan yang dicocol dengan saus seperti pizza karena bisa membuat asam lambung naik. Hal ini tentu akan membuat perut terasa tidak nyaman dan akhirnya kita pun akan kesulitan untuk tidur.

Pakar kesehatan juga sudah berkali-kali memperingatkan kita untuk tidak mengonsumsi alkohol, khususnya di malam hari. Hal ini disebabkan oleh kemampuan alkohol yang merusak ritme tidur kita meskipun memang bisa membuat kita terlelap dengan lebih cepat.