Makan satu butir telur setiap hari tidak jadi masalah!

DokterSehat – Manfaat telur yang kaya protein untuk nutrisi tubuh tentu sudah kita ketahui. Tapi banyak orang menghindari konsumsi telur karena menghindari kolesterol tinggi dan risiko penyakit jantung. Padahal, menurut studi kesehatan, konsumsi sebutir telur setiap hari tidak akan membahayakan kesehatan.



Tak ada alasan kesehatan yang membuat Anda harus menghindari konsumsi telur atau membatasinya. Penelitian kesehatan yang termuat dalam British Nutrition Foundation’s Nutrition Bulletin menyebutkan bahwa kandungan kolesterol dalam sebutir telur sangatlah kecil dan tidak akan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Studi yang dilakukan Juliet Gray, seorang ahli gizi itu mencoba menghapuskan mitos tentang kandungan kolesterol tinggi dalam telur.

“Pemahaman salah bahwa konsumsi telur bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan risiko penyakit jantung harus segera diluruskan,” kata Gray seperti dikutip dari www.timesonline.com.

Menurutnya, kandungan kolesterol dalam telur tidak banyak. “Jika Anda bertekad menurunkan tekanan darah, yang lebih penting dilakukan adalah menghindari konsumsi lemak jenuh misalnya dari daging, produk susu berlemak tinggi, kue-kue, biskuit, dan sebagainya.”

Dengan hasil studi itu, British Heart Foundation (BHF) merevisi anjuran konsumsi telur yang hanya tiga butir seminggu. Dalam buletinnya, mereka tidak memberikan batasan konsumsi telur bahkan pada orang yang memiliki riwayat penyakit jantung.

“Kami merekomendasikan bahwa telur bisa dikonsumsi kapan saja asalkan sesuai dengan diet seimbang. Memang ada kandungan kolesterol di telur tapi tidak cukup banyak untuk bisa meningkatkan risiko penyakit jantung,” kata Victoria Taylor, seorang peneliti senior di BHF.

sumber: VIVAnews