informasi kesehatan


Makan satu butir telur setiap hari tidak jadi masalah!

Makan satu butir telur setiap hari tidak jadi masalah!

            

DokterSehat – Manfaat telur yang kaya protein untuk nutrisi tubuh tentu sudah kita ketahui. Tapi banyak orang menghindari konsumsi telur karena menghindari kolesterol tinggi dan risiko penyakit jantung. Padahal, menurut studi kesehatan, konsumsi sebutir telur setiap hari tidak akan membahayakan kesehatan.

Tak ada alasan kesehatan yang membuat Anda harus menghindari konsumsi telur atau membatasinya. Penelitian kesehatan yang termuat dalam British Nutrition Foundation’s Nutrition Bulletin menyebutkan bahwa kandungan kolesterol dalam sebutir telur sangatlah kecil dan tidak akan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Studi yang dilakukan Juliet Gray, seorang ahli gizi itu mencoba menghapuskan mitos tentang kandungan kolesterol tinggi dalam telur.

“Pemahaman salah bahwa konsumsi telur bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan risiko penyakit jantung harus segera diluruskan,” kata Gray seperti dikutip dari www.timesonline.com.

Menurutnya, kandungan kolesterol dalam telur tidak banyak. “Jika Anda bertekad menurunkan tekanan darah, yang lebih penting dilakukan adalah menghindari konsumsi lemak jenuh misalnya dari daging, produk susu berlemak tinggi, kue-kue, biskuit, dan sebagainya.”

Dengan hasil studi itu, British Heart Foundation (BHF) merevisi anjuran konsumsi telur yang hanya tiga butir seminggu. Dalam buletinnya, mereka tidak memberikan batasan konsumsi telur bahkan pada orang yang memiliki riwayat penyakit jantung.

“Kami merekomendasikan bahwa telur bisa dikonsumsi kapan saja asalkan sesuai dengan diet seimbang. Memang ada kandungan kolesterol di telur tapi tidak cukup banyak untuk bisa meningkatkan risiko penyakit jantung,” kata Victoria Taylor, seorang peneliti senior di BHF.

sumber: VIVAnews

pf button both Makan satu butir telur setiap hari tidak jadi masalah!


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

6 Responses to “Makan satu butir telur setiap hari tidak jadi masalah!”

  1. Dita says:

    Yang saya tahu, memang telur bagus untuk pertumbuhan otak pd anak2, tp kenapa ya anak saya jd alergi makan telor ayam, kecuali telor ayam kampung. anak saya jika makan telor, lalu timbul benjolan2 kecil di kulitnya, terutama pd kepala dan muka. Bagimana dari sudut pandang dokter dlm masalah ini. terimakasih.

    Hot debate. What do you think? Thumb up 6 Thumb down 4

  2. umjana says:

    anak saya sih suka banget yang namanya telur. tapi kalau saya sendiri kalau lagi alergi sama dokter tdk boleh mengkonsumsi telur? gemana tuh sedangkan telurkan banyak mengandung protein yang bisa mengangkat sel – sel mati

    Like or Dislike: Thumb up 2 Thumb down 0

  3. yayan says:

    tumit saya sering sakit ternyata setelah di rontgen hasilnya spur pada os calcaneus bilateral, sekarang tumit sebelah kanan saya sakit sekali. pertanyaannya apakah saya harus operasi untuk menghilangkan spur (pengapuran) tersebut? dan apa penyebab dari pengapuran tersebut? benarkah akibat saya dulunya terlalu banyak mengkonsumsi kalsium?

    Like or Dislike: Thumb up 2 Thumb down 4

  4. Wahyu says:

    Kalau semisalnya mengkomsumsinya 2 butir per hari, apakah tidak berbahaya?? sebab saya pernah membaca sebuah artikel, bahwa telur dapat menimbulkan penyakit kencing manis bila terlalu sering mengkonsumsi. Sedangkan saya seorang yang gemar fitness dan ingin membuat tubuh saya berisi/ menambah masa otot saya, salah satu caranya dengan mengkonsumsi telur tersebut. Mohon solusinya….
    Trims.

    Hot debate. What do you think? Thumb up 6 Thumb down 3

  5. Goodgrade says:

    BHF tak memberi batasan brp boleh diasup perhari.Berarti kita boleh mengkonsumsi lbh dari 1 butir.Dr.Slatter pernah membuat percobaan asupan telur 0,1,2,3,4,5 setiap hari.Tak ada bedanya tingkat kolesterol darah mereka. Padahal 1 butir telur mengandung sekitar 200 kolesterol Padahal batasnya tiap hari 300. Dari percobaan Slater kita simpulkan asupan kolesterol tak menaikkan kolesterol darah.Dan itu juga kesimpulan The Framingham Study.

    Like or Dislike: Thumb up 2 Thumb down 0

  6. saya kadang mengkösumsi telur 3/4 butir perhari, gmana ini dok

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0