Makan Pisang Bisa Membantu Kita Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

DokterSehat.Com– Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah masalah kesehatan yang cukup banyak menyerang masyarakat di Indonesia. Masalah kesehatan ini bisa menyebabkan kita beresiko tinggi terkena masalah kesehatan yang lebih serius layaknya penyakit jantung atau stroke yang dikenal sangat mematikan. Sayangnya, menurunkan tekanan darah adalah hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Beruntung, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa bahan makanan alami yang bisa kita konsumsi setiap hari andai ingin menurunkan masalah tekanan darah tinggi. Apa sajakah bahan makanan tersebut?

doktersehat-hipertensi-tekanan-darah-tinggi-jantung-stroke

Sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul American Journal of Physiolog – Endocrinology and Metabolism, menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi bayam, pisang, atau ubi setiap hari, maka kita bisa mengendalikan kadar garam di dalam tubuh sehingga bisa menurunkan tekanan darah dengan signifikan. Dalam penelitian ini sendiri, pakar kesehatan menyarankan setiap orang dewasa untuk mengkonsumsi 11 buah pisang setiap harinya untuk menurunkan tekanan darah.

Pakar kesehatan dr. Alicia McDonough yang berasal dari University of Southern California, Amerika Serikat menyebutkan bahwa makanan yang kaya kalium ternyata mampu membuat kita menurunkan kadar natrium dalam tubuh dengan signifikan. Dalam penelitian ini, diketahui bahwa diet kalium tinggi akan membuat kinerja ginjal terpengaruh, khususnya dalam hal mengeluarkan lebih banyak garam dan air sekaligus meningkatkan ekskresi pada kalium. Hal ini ternyata bisa membuat tekanan darah semakin menurun.

Dr. Alicia sendiri menyebut tekanan darah tinggi sebagai masalah kesehatan yang serius namun tidak memberikan gejala-gejala yang khusus sehingga sebaiknya harus sangat diwaspadai. Sebagai informasi, Badan Kesehatan PBB (WHO) bahkan menyebutkan fakta mengerikan dimana hipertensi ternyata memicu 51 persen kematian yang disebabkan oleh stroke dan 45 persen kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung. Selain itu, ratusan ribu orang di seluruh dunia terpaksa meminum obat secara teratur demi mengatasi hipertensi. Diharapkan adanya solusi berupa diet kaya kalium ini bisa membantu banyak orang untuk mengendalikan tekanan darahnya.