Makan Pedas Bisa Atasi Sembelit?

doktersehat-makanan-pedas-memicu-persalinan
Photo Credit: pexels.com

DokterSehat.Com– Banyak orang yang mengeluhkan diare setelah mengonsumsi makanan pedas. Adanya fakta ini membuat mereka berpikir bahwa makan pedas bisa mengatasi sembelit. Sebenarnya, apakah memang makan pedas bisa mengatasi gangguan pencernaan ini?

Beberapa makanan yang dikenal pedas seperti sambal atau rujak memang bisa membantu buang air besar menjadi lebih lancar, sayangnya hal ini juga disertai dengan diare. Yang menjadi masalah adalah, diare bukanlah hal yang baik bagi kesehatan tubuh.

Diare menandakan adanya infeksi di dalam tubuh. Meskipun tubuh memiliki mekanisme sendiri untuk mengatasi infeksi ini, ada kemungkinan infeksi ini sangat parah sehingga memicu gejala yang lebih buruk sehingga penderita diare harus mendapatkan perawatan medis yang intensif.

Alih-alih makan pedas, ada baiknya kita justru memperbanyak asupan air putih saat terkena masalah buang air besar. Tanpa kita sadari, salah satu penyebab utama dari masalah susah buang air besar adalah dehidrasi atau kurang minum. Selain itu, ada baiknya kita lebih banyak bergerak atau berolahraga karena kurang gerak juga bisa memicu masalah kesehatan yang sama.

Felice Schnoll-Sussman dari Weill Medical College yang ada di Cornell University menyarankan kita untuk memperbanyak asupan minum air hangat tatkala terkena sembelit. Minuman ini akan mampu melunakkan kotoran dan membantu membuat sistem pencernaan menjadi semakin lancar.

“Air hangat mampu memperlebar pembuluh darah yang ada di saluran pencernaan. Hal ini akan meningkatkan aktivitas sistem pencernaan,” ucap Felice.

Cara lain yang bisa kita lakukan untuk mengatasi sembelit adalah dengan memperbanyak asupan buah-buahan atau sayuran yang kaya akan serat.