‘Makan Mayit’, Tren Makanan Berbentuk Badan Bayi yang Sedang Ramai Dibahas Netizen

DokterSehat.Com – Para netizen kini sedang cukup banyak membahas tagar berjudul makan mayit. Jika kita membukanya, kita akan melihat beberapa jenis makanan yang disajikan dalam bentuk yang tidak biasa dan justru mirip layaknya bentuk tubuh bayi, otak bayi, kepala bayi, dan anggota tubuh bayi lainnya. Banyak orang yang menyebut makanan-makanan tersebut sangat menjijikkan dan hanya cocok bagi mereka yang mengalami gangguan jiwa, namun tak jarang pula orang yang menganggap ide ini sangat unik. Sebenarnya, seperti apa sih makanan ‘makan mayit’ ini.

doktersehat-makanmayit

Photo Credit: Instagram/ roodkapje

Sebenarnya, ‘makan mayit’ adalah sebuah proyek seni dari Natasha Gabriella, wanita yang dikenal nyentrik ini mendapatkan ide untuk memperkenalkan budaya kanibalisme dengan cara yang sangat tidak biasa, yakni menyajikan makanan yang sudah dibentuk sedemikian rupa dengan tema atau bentuk bayi. Dalam akun instagramnya @roodkapje yang sayangnya kini sudah digembok, Natasha sedang memamerkan karyanya bernama Little Shop of Horrors dalam Perhelatan Footurama yang digelar di Como Park, Kemang Timur, Jakarta. Dalam karyanya ini, Ia menampilkan berbagai boneka bayi yang sudah dimutilasi hingga prosesi kanibalisme.

Sebelum memamerkan karyanya di Jakarta, Natasha sendiri pernah memperkenalkan karya ini di Jepang, tepatnya di Distrik Koganecho, Yokohama, pada tahun 2015 silam. Natasha sendiri mengaku jika karyanya terinspirasi pada film horror Amerika pada tahun 1960an berjudul Little Shop of Horror, atau sama dengan nama karyanya. Ide pameran kanibalisme sendiri berawal dari kasus Sumanto yang sempat menggegerkan tanah air pada beberapa tahun lalu.

Meskipun menjadi kontroversi di media sosial mengingat idenya yang sangat tidak biasa ini, Natasha mengaku jika ‘makan mayit’ ini sendiri hanyalah cara baginya untuk mengetes bagaimana reaksi orang-orang yang datang pada acara makan malam yang sudah Ia konsep sedemikian rupa ini. Ia juga ingin tahu apa saja hal yang didiskusikan oleh para tamu tersebut saat disajikan makanan-makanan yang sangat tidak biasa tersebut.