Makan Malam Bisa Bikin Langsing?

DokterSehat.com – Selama ini, ada anjuran dan opini yang telah lama tertanam dalam masyarakat bahwa melewatkan makan malam dapat menjadi salah satu langkah untuk menurunkan berat badan. Namun, ternyata terdapat caranya supaya makan malam tidak mengganggu program diet, bahkan dapat membantu menjaga berat badan ideal.



Sebuah riset baru-baru ini yang dirilis oleh Harvard Medical School melaporkan bahwa, menjalani makan malam bersama keluarga dapat membantu menurunkan berat badan sampai 15 %. Bagaimana bisa?

Menurut sebuah Jurnal, kurang dari sepertiga anak-anak di Amerika Serikat tidak lagi melakukan kegiatan makan malam bersama kedua orangtua karena makin padatnya kesibukan para orangtua.

Hal tersebut membuat orangtua tidak lagi memperhatikan asupan makanan keluarga di malam hari. Anda atau anak-anak boleh jadi akan lebih memilih menyantap masakan cepat saji seperti mie instan atau junk food yang lebih praktis. Makanan jenis itulah yang membuat beban tubuh cenderung mudah melambung.

Selain itu, terdapat keuntungan lain dari kegiatan makan malam bersama. Saat Anda bersama pasangan dan anak-anak duduk satu meja, kemudian makan dan mengobrol, dapat menambah kedekatan antar anggota keluarga. Langkah ini dapat menjadi jalan keluar untuk memperbaiki kondisi keharmonisan keluarga yang sedang menurun.

Riset lain dari Universitas Columbia mendapati bahwa, remaja dari keluarga yang jarang melakukan makan malam bersama, 72 % lebih sering memilih menggunakan narkoba, alcohol, dan rokok dari pada remaja yang sering melakukan makan malam bersama.

Kegiatan makan malam bersama yang dilakukan bersama keluarga dengan menu sehat, selain dapat memupuk keharmonisan dalam keluarga juga dapat menjaga stabilitas berat badan Anda. Kondisi pikiran yang tidak dipenuhi dengan banyak beban akan memudahkan Anda untuk memiliki berat badan ideal. Acapkali stress dan tekanan dalam pekerjaan mengantarkan orang untuk lari pada makanan yang justru dapat membnegkakkan ukuran tubuh.

Baca Juga:  Cincin Kerongkongan Bagian Bawah (Cincin Schatzki)

Jadi, makan malam bukan ancaman untuk bentuk tubuh ideal Anda selama Anda mengkonsumsi makanan sehat dan menyantapnya dalam kondisi emosi yang stabil.