Akibat Makan Katak, Ada Cacing Pita di Payudara Wanita Ini

DokterSehat.Com– Sebagian masyarakat Indonesia suka makan katak. Namun, makanan dari bahan katak ini biasanya sudah diolah sedemikian rupa sehingga aman untuk dikonsumsi. Hal yang berbeda justru dilakukan wanita asal Tiongkok yang tidak disebutkan namanya ini. Ia mengonsumsi 5 katak hidup dan kini harus menjalani operasi akibat adanya cacing pita berukuran besar yang bersarang di payudaranya.

Photo Source: Flickr/ David Short

Dikutip dari New Strait Times, wanita yang berasal dari Jiaqing, Provinsi Zhejiang ini mengonsumsi kodok mentah demi mengatasi rematik pada kakinya pada 2013 lalu. Bukannya sembuh, wanita ini justru merasa semakin tidak nyaman dengan kondisi tubuhnya.

Ia pun mengeluhkan sakit dan gatal-gatal pada perut, payudara, dan matanya. Rasa sakit ini semakin menjadi dan kemudian diiringi dengan kemunculan benjolan pada payudara kanan sehingga membuatnya memilih untuk pergi ke dokter.

Setelah mendapatkan pemeriksaan, dokter meminta sang wanita untuk segera menjalani operasi untuk menghilangkan benjolan tersebut. Saat operasi inilah dokter menemukan cacing pita sepanjang 13 cm. Cacing ini berjenis Sparganum Mansoni yang biasa ditemukan di usus kucing atau anjing, namun sangat jarang ditemukan pada tubuh manusia.

Setelah menjawab beberapa pertanyaan, dokter pun menyimpulkan bahwa cacing ini sepertinya berasal dari larva yang masuk ke dalam tubuh setelah sang wanita mengonsumsi katak lima tahun sebelumnya.

Mengonsumsi makanan mentah memang bisa memberikan risiko kesehatan tersendiri. Di kasus yang terjadi Januari 2018 lalu, seorang pria dari California, Amerika Serikat, harus dilarikan ke rumah sakit karena cacing pita sepanjang 1,6 meter berusaha untuk keluar dari anusnya. Pria ini ternyata suka mengonsumsi ikan mentah, khususnya salmon sashimi hampir setiap hari. Dari makanan inilah larva cacing ini diduga berasal.

Kalau Sobat Sehat apakah juga suka makan katak?