Makan Keju Secara Teratur Bisa Mencegah Penyakit Jantung

DokterSehat.Com– Analisis beberapa penelitian menemukan beberapa hubungan mengejutkan antara penyakit kardiovaskular dan konsumsi keju bagi kesehatan tubuh.



Jika Anda belum menjadi penggemar camilan berbahan keju setelah makan malam, ini mungkin bisa membuat Anda mempertimbangkannya.

Sebuah tim peneliti telah melihat efek jangka panjang dari makan keju, dan menemukan bahwa mengonsumsinya secara teratur dalam jumlah kecil sebenarnya bisa membantu mencegah penyakit jantung, seperti mengutip CookingLight, Kamis (4/1/2018).

Metastasis (perubahan status) yang dipublikasikan di European Journal of Nutrition menganalisis 15 studi kesehatan jangka panjang, yang melacak pola makan dan gaya hidup lebih dari 200.000 orang. Peserta yang telah mengkonsumsi sebagian kecil keju setiap hari, berisiko 10 persen lebih kecil terkena stroke dan 14 persen lebih kecil kemungkinannya terserang penyakit jantung.

Penting untuk dicatat jumlahnya tidak terlalu besar. Seperti yang dijelaskan, porsi keju harian kira-kira seukuran kotak korek api.

Dan sementara tim memang menemukan korelasi antara konsumsi keju dan penyakit jantung, tidak jelas apakah makan keju justru menyebabkan pengurangan risiko. Bisa jadi, misalnya, seseorang mengonsumsi keju dengan porsi kecil setiap hari.

Keju juga berperan dalam diet vegetarian atau mereka yang memiliki batasan diet, yang bisa menjadi penjelasan lain untuk hasil yang menarik.

Apapun dampaknya, seperti makanan lainnya, pepatah lama masih berlaku: Moderasi adalah kunci. Apakah Anda memilih untuk makan keju setiap hari untuk membantu menjaga kesehatan jantung Anda atau karena itu lezat.