Makan Kangkung Bisa Menyebabkan Perut Kembung?

DokterSehat.Com– Siapa sih yang tidak suka dengan sayur kangkung? Makanan ini akan sangat lezat untuk dikonsumsi setelah ditumis dalam keadaan hangat. Sayangnya, dibalik kenikmatannya, ada yang menyebutkan bahwa konsumsi kangkung bisa memicu perut kembung. Apakah hal ini benar adanya?



Pakar kesehatan menyebutkan bahwa makanan yang bisa menyebabkan perut kembung adalah makanan yang memiliki kandungan FODMAPs, semacam karbohidrat rantai pendek yang bisa memicu produksi gas dengan berlebihan saat berada dalam saluran pencernaan. Tidak semua orang memang sesitif dengan FODMAPs ini, namun, mereka yang memiliki masalah sindrom iritasi usus besar cenderung mudah sensitif dengan kandungan ini.

Jika tubuh kita cenderung sensitif dengan kandungan FODMAPs, maka di usus besar kandungan ini akan diproses dan menghasilkan gas hydrogen yang bisa memicu perut kembung dan gangguan pencernaan lainnya sepertei perut begah, sakit perut, diare, atau bahkan susah buang air besar.

Lantas, apakah kangkung termasuk dalam makanan yang memiliki kandungan FODMAPs? Sebuah penelitian yang dilakukan di Monash University menyebutkan bahwa kangkung tidak termasuk dalam makanan yang memiliki kandungan ini sehingga mengkonsumsinya seharusnya tidak memicu masalah perut kembung.

Beberapa makanan yang mengandung gas yang bisa memicu perut kembung dan sebaiknya tidak kita konsumsi dengan berlebihan adalah sayuran seperti asparagus, kubis, brokoli, jagung manis, dan seledri, untuk buah-buahan, apel, pir, mangga, dan plum juga bisa memicu perut kembung. Selain itu, makanan yang terbuat dari tepung layaknya roti, sereal, dan pasta, serta produk susu dan turunannya juga bisa menjadi pemicu masalah perut kembung jika dikonsumsi terlalu banyak.