Makan di Restoran Belum Tentu Terjamin Kebersihannya

DokterSehat.Com – Akhir pekan telah tiba dan banyak dari kita yang ingin menghabiskan waktu ini bersama keluarga dengan makan di restoran yang sepertinya menyajikan makanan-makanan yang lezat dan menarik. Memang, banyak sekali makanan di restoran yang jauh lebih nikmat dan bervariasi jika dibandingkan dengan makanan yang ada di dalam rumah. Namun, pakar kesehatan menyebutkan jika ada baiknya kita harus mewasapadai beberapa tempat di dalam restoran yang tidak terjamin kebersihannya. Tempat mana sajakah yang tanpa kita sadari ternyata sangat kotor di dalam restoran?

doktersehat-makan-perlahan-pencernaan-penyedap-rasa-tidak-sehat-mie

Daftar menu
Tanpa kita sadari, daftar menu yang pertama kali disodorkan ke kita sebelum memesan makanan ini telah dipegang oleh banyak orang dan hampir tidak pernah dibersihkan. Hal ini tentu akan membuat tangan kita terpapar oleh kuman dan bakteri yang berasal dari daftar menu tersebut. Pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk segera mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer setelah memegangnya atau sebelum makan.

Permukaan meja
Meskipun terlihat bersih, dalam realitanya meja makan kerap kali hanya dilap dengan kain basah yang juga seringkali jarang dicuci. Karena alasan ini, pastikan kita mencuci tangan atau memakai hand sanitizer sebelum makan dan jangan sekali-kali mengambil makanan yang terjatuh di permukaan meja.

Peralatan makan
Meskipun sudah dicuci dengan bersih, bisa jadi sendok, garpu, sumpit, dan berbagai peralatan lain ini telah dipegang oleh orang lain yang memilih peralatan makan tersebut. Selain itu, andai peralatan makan ini ditempatkan di atas meja, bisa jadi peralatan makan ini juga sudah terpapar debu dan kotoran. Kita bisa saja meminta pelayan restoran peralatan makan yang benar-benar baru dicuci atau kita bisa lap bersih peralatan makan tersebut sebelum makan.

Kursi balita
Adanya kursi balita tentu akan sangat membantu kita andai kita juga membawa sang buah hati ke dalam restoran. Sayangnya, kursi balita ini tentu pernah diduduki cukup banyak balita yang bisa saja memiliki popok yang kotor. Artinya, besar kemungkinan kursi ini memiliki bakteri tidak sehat layaknya bakteri E.Coli. Ada baiknya kita mengelap permukaan kursi balita dengan disinfektan. Perhatikan pula baki depan kursi balita karena dikhawatirkan juga sudah kotor karena kerap mendapatkan tumpahan makanan.