Makan dengan Tangan Lebih Menyehatkan Lho!

DokterSehat.Com – Barangkali table manner atau tata cara makan perlu kita lupakan, atau sebentar lagi menjadi sesuatu yang tinggal “kenangan”. Dalam suatu artikel di New York Times, di Amerika bagian utara, makan dengan tangan adalah suatu hal yang umum dan justru disarankan. Kenapa? Berikut alasannya.



  1. Makan dengan tangan adalah lumrah

Sudah sejatinya Tuhan melengkapi kita dengan tangan. Sejak jaman manusia purba, ketika sendok, garpu, piring, dan peralatan makan lainnya belum ditemukan, manusia makan dengan tangan. Kini, kebiasaan itu mulai digalakkan kembali. Apa salahnya bukan?

  1. Meningkatkan pencernaan

Pada jari, terkandung enzim yang akan membantu pencernaan lebih mudah dan cepat. Bahkan sejumlah orang-orang terdahulu menganjurkan setelah makan menjilati jari-jari hingga ke selanya. Ternyata setelah diteliti, jari kita mengandung sejumlah enzim yang akan membantu mencerna makanan. Oleh karena itu, sejumlah jurnal menyebutkan bahwa memegang makanan dengan jari-jari tangan secara langsung akan merangsang enzim-enzim pencernaan sebelum makanan itu dicerna.

  1. Meningkatkan kesadaran

Makan dengan tangan membuat diri lebih rileks dan lebih tenang. Status ketenangan pada tubuh inilah yang membuat pencernaan dapat optimal dan mendukung kita agar tidak makan dengan berlebihan. Jika kita terbiasa makan dengan garpu dan sendok, secara mekanik makanan “diantarkan” ke mulut kita, padahal ternyata sebenarnya tubuh kita sudah merasa cukup. Dengan menggunakan tangan, kita akan merasa lebih terhubung dengan makanan sehingga kita dapat makan secukupnya.

  1. Melibatkan semua indera

Dengan mengambil makanan dengan tangan, kita dapat merasakan bentuk dan volume makanan yang akan kita lahap. Dengan begitu, kita akan menambah dimensi taktil dan akan menambah cita rasa kenikmatan dari makanan yang kita makan.

  1. Lebih menyenangkan
Baca Juga:  Waspada Serangan Heat Stoke Saat Lari

Jangan hanya melihat anak-anak yang senang dan riang makan dengan tangan. Kita pun bisa melakukannya dengan mudah.

Maka, mulai sekarang, makanlah dengan tangan! Tetapi jangan lupa mencuci tangan. Sudah tahu 7 langkah mencuci tangan dengan sabut yang baik dan benar? Berikut sekaligus akan dipaparkan di artikel ini.

  1. Basahi kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan memakai air yang mengalir, ambil sabun kemudain usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut
  2. Usap dan gosok juga kedua punggung secara bergantian
  3. Usap jari-jari tangan dan gosok sela-sela jari hingga bersih
  4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkan
  5. Gosok danputar kedua ibu jari secara bergantian
  6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan
  7. Bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengancara memutar, kemudain diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan memakai handuk atau tisu.

Sudah siap untuk makan dengan tangan?

Salam sehat!

 

Sumber

Lorick KL, Jensen JP, Fang S, et al. RING fingers mediate ubiquitin-conjugating enzyme (E2)-dependent ubiquitination. Dari juranl PubMed Gov 1999 Sep 28;96 (20): 11364-9. Diambil dari (8 Desember 2015) : http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/10500182

Al Ikhwan. Dalam artikel “Eating with finger”. Dalam blog Understanding Islam. Diambil dari ( 8 Desember 2015) http://forums.understanding-islam.com/showthread.php?130-Eating-with-fingers