Makan Dengan Sumpit, Cara Efektif Menurunkan Berat Badan

DokterSehat.Com – Sumpit biasanya digunakan andai kita ingin mengkonsumsi mie atau beberapa jenis makanan oriental lainnya. Bagi beberapa orang, menggunakan sumpit sangat sulit untuk dilakukan karena membutuhkan koordinasi jari-jari tangan dan konsentrasi tinggi. Tahukah anda, dibalik tingkat kesulitan yang tinggi dalam mengkonsumsi makanan dengan sumpit, ternyata cara ini dianggap cukup efektif untuk menurunkan berat badan. Bagaimana bisa sumpit membantu program diet?

doktersehat-makan-perlahan-pencernaan-penyedap-rasa-tidak-sehat

Kimiko Barbar, seorang penulis buku cara menurunkan berat badan berjudul The Chopstick Diet memperhatikan cara makan orang Jepang yang menggunakan sumpit namun kebanyakan dari mereka memiliki bentuk badan yang ideal. Setelah melakukan penelitian, Barbar menyebutkan jika cara makan dengan sumpit inilah yang mempengaruhi berat badan orang Jepang yang cenderung langsing. Menurut beliau, menggunakan sumpit akan membutuhkan konsentrasi yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan memakai peralatan lain, khususnya sendok. Mengambil makanan dan memasukkannya ke dalam mulut dengan sumpit memiliki kesulitan tersendiri sehingga pada akhirnya kita mengkonsumsi makanan dalam waktu yang lebih lama.

Sebagaimana kita ketahui, semakin lambat kita makan, maka kita akan cenderung lebih mudah merasa kenyang meskipun porsi makanan yang kita konsumsi tidak terlalu besar. Alhasil, otak pun akan segera mengirimkan sinyal kenyang dan kita pun tidak akan mengkonsumsi makanan secara berlebihan sehingga kita pun akan lebih baik dalam menjaga bentuk tubuh tetap ideal atau menurunkan berat badan.

Selain bisa membuat waktu makan menjadi lebih lama, Barbar menyebutkan jika dengan makan memakai sumpit, kita akan cenderung mengkonsumsi makanan dengan suapan yang jumlahnya lebih sedikit jika dibandingkan dengan peralatan lain layaknya sendok. Alhasil, makanan pun akan terkunyah dengan jauh lebih baik sehingga akan jauh lebih mudah dicerna. Hal ini ternyata bisa mencegah kita mengkonsumsi makanan secara berlebihan sehingga akan lebih baik dalam menjaga berat badan.