Makan Buah Segar Bagus Untuk Gigi

DokterSehat.Com – Anda hobi mengonsumi makanan yang mengandung asam? Segeralah ubah kebiasaan itu, dan beralihlah mengonsumi makanan penuh serat, seperti apel dan sayuran. Alasannya, makanan asam akan membuat gigi goyang atau parahnya gigi menjadi berlubang.

3686227202_e289a39bf2_b

Ketua Ikatan Periodontologi Indonesia (IPERI) Komisariat Jakarta, Drg. Hari Sunarto Sp. Perio(K) menjelaskan, asam yang melekat di sela-sela gigi, menjadi media tumbuhnya bakteri, dan menyebabkan terjadinya plak.

Bila plak muncul, akan menyebabkan gigi menjadi goyang dan parahnya ada yang berlubang. Maka itu, hindari terlalu sering mengonsumsi makanan asam, kata Drg. Hari Sunarto dalam acara Pasta Gigi yang Tepat Bisa Memberikan Perlindungan Terhadap Bakteri dan Plak Penyebab Penyakit Gusi di Pepsodent Dental Expert Center, Gandaria City, Jakarta, Kamis (24/10/2013).

Dilanjut Hari Sunarto, mengubah pola makan sederhana seperti ini akan menjadikan gigi selalu sehat, sampai orang tersebut berusia dewasa. Namun bila pola itu salah, maka kesehatan gigi serius akan segera mengancam.

Buah seperti apel, pear, dan sayuran sangat bagus untuk kesehatan gigi, karena mengandung banyak serat dan air. Bila dikunyah menggunakan gigi yang ada di sebelah kanan dan kiri, akan membuat air yang ada di dalam makanan keluar, dan membahasi gigi.

Intinya, bila pola makan bagus, Insya Allah giginya akan bagus pula, tutup Hari.

BACA JUGA : Kopi Dapat Mengurangi Resiko Kanker Prostat