Makan Buah Sebaiknya Setelah Makan Atau Sebelum Makan?

DokterSehat.Com – Buah-buahan adalah salah satu sumber nutrisi yang sebaiknya kita konsumsi setiap hari. Dengan mengkonsumsi buah-buahan, kita bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian tubuh dengan baik. Hanya saja, kini banyak orang yang bertanya-tanya apakah buah-buahan sebaiknya dikonsumsi pada saat setelah makan, sebelum makan, atau bahkan harus dikonsumsi sendiri tanpa tercampur dengan makanan lainnya? Berikut adalah penjelasan kapan waktu mengkonsumsi buah-buahan paling baik bagi kesehatan tubuh.

doktersehat-buah-sayur

Pakar kesehatan dari RS Siloam bernama Marya Warascesaria Haryono menuturkan bahwa buah bisa dimakan setelah konsumsi makan besar atau sebagai camilan sehingga tubuh pun akan mendapatkan gizi yang seimbang. Hanya saja, jika kita mengkonsumsi buah-buahan dengan tujuan menurunkan berat badan, beliau menuturkan bahwa konsumsi buah-buahan sebelum makan besar akan sangat direkomendasikan mengingat perut yang telah dipenuhi buah-buahan akan membuat kita mengurangi porsi makanan yang tentu bisa berimbas pada menurunnya berat badan.

Buah-buahan yang baik bagi tubuh adalah yang memiliki banyak kandungan serat. Buah yang kaya akan serat akan membuat proses pencernaan tubuh semakin lancar. Selain itu, penyerapan gizi dan nutrisi selama proses pencernaan pun akan berlangsung dengan lebih baik sehingga kita pun akan lebih baik dalam mengendalikan kadar gula darah sekaligus mencegah penyerapan kolesterol secara berlebihan. Buah-buahan yang kaya akan kadar air juga akan sangat baik bagi proses hidrasi pada tubuh.

Hanya saja, beberapa orang yang mengalami kondisi kesehatan tertentu ternyata harus berhati-hati dalam mengkonsumsi buah-buahan. Sebagai contoh, jika anda mudah mengalami penyakit lambung, ada baiknya tidak mengkonsumsi buah-buahan yang memiliki asam tinggi yang bisa memicu naiknya asam lambung dengan cepat. Buah-buahan yang kaya serat juga bisa membuat beberapa orang mudah merasa kembung sehingga harus dikonsumsi dengan sedikit demi sedikit. Mereka yang memiliki penyakit diabetes juga harus berhati-hati mengkonsumsi beberapa jenis buah yang terasa manis karena buah-buahan ini justru bisa membuat kadar gula darah meningkat dan memperparah penyakit diabetes.