Makan Buah Justru Bikin Gemuk, Benarkah?

DokterSehat.Com – Saat Anda memutuskan untuk menurunkan berat badan atau melakukan diet, maka Anda pasti akan dianjurkan untuk banyak makan buah dan sayur serta menghindari makanan berlemak dan gorengan. Itu sudah pasti. Namun ada juga buah yang bisa membuat gemuk, jika Anda ingin meningkatkan berat badan. Nah, apakah buah-buahan ini juga berpengaruh terhadap proses penurunan berat badan Anda?

11

Seperti dikutip dari healthmeup.com, buah merupakan makanan kaya nutrisi dan antioksidan yang baik untuk tubuh sekaligus makanan sehat yang bisa mempengaruhi berat badan, baik naik atau menurunkannya. Yang perlu Anda ketahui adalah memilih buah yang tepat untuk tujuan yang ingin Anda capai.

Buah memiliki indeks glikemik (GI) atau kadar gula yang tinggi

Seperti yang Anda ketahui, kebanyakan buah memiliki rasa manis dan segar yang membuatnya banyak disukai. Buah seperti mangga, pisang, melon, kurma, dan nanas merupakan contoh buah yang sangat manis. Secara otomatis menunjukkan bahwa buah-buah ini juga punya kadar gula yang tinggi. Inilah yang membuat buah bisa mempengaruhi level insulin, memungkinkan penimbunan gula menjadi lemak dan bisa merusak rencana penurunan berat badan Anda.

Pisang adalah salah satu makanan diet penurunan berat badan yang baik, bahkan banyak dianjurkan untuk dikonsumsi karena mengenyangkan. Tentu saja Anda boleh makan pisang, namun perlu dibatasi jumlahnya, tidak lebih dari 4 buah per hari. Saat diet, memang Anda perlu makan buah, namun jangan terlalu banyak mengonsumsi buah manis seperti mangga, leci, kelengkeng, melon dan pisang.

Selagi makan buah manis, imbangi juga dengan perbanyak buah yang tidak terlalu manis seperti strawberry, pir, anggur, alpukat, tomat, apel dan jeruk. Nah, kini tahu kan mengapa buah bisa menggemukkan? Anda hanya perlu mengatur kapan harus makan buah yang tepat dan berapa porsi yang cukup untuk dikonsumsi setiap harinya.