Makan Buah Ini Saat Minum Obat Bisa Berbahaya

DokterSehat.Com– Tak hanya minum obat, ada baiknya kita memperbanyak asupan makanan yang bergizi dan menyehatkan seperti buah-buahan agar badan bisa lebih cepat sembuh. Sayangnya, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada baiknya kita menghindari konsumsi beberapa jenis buah-buahan yang bisa mengganggu khasiat obat seperti sebagai berikut.

doktersehat-buah

Pisang
Cukup banyak orang yang menelan obat bersama dengan pisang karena kesulitan untuk meminumnya dengan air. Yang menjadi masalah adalah, beberapa jenis obat seperti ACE inhibitor atau obat untuk masalah tekanan darah tinggi dan gagal jantung sebaiknya tidak dikonsumsi dengan pisang karena adanya kandungan tyramine dalam buah ini yang akan menghambat kinerjanya.

Apel
Buah yang kerap dijadikan oleh-oleh saat mengunjungi orang sakit ini ternyata sebaiknya tidak dikonsumsi dekat dengan waktu minum obat, khususnya yang berjenis obat asma, pereda demam, atau obat alergi. Beri jeda sekitar 4 jam diantara waktu minum obat dan konsumsi buah ini agar tidak mengganggu fungsi obat.

Jeruk
Buah jeruk sangat tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi bersamaan dengan obat pereda demam dan obat penenang karena bisa memberikan efek samping seperti kerusakan otot, rasa kantuk berlebihan, hingga halusinasi.

Semangka
Buah semangka sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan obat gagal jantung atau hipertensi karena bisa membuat masalah kesehatan tersebut justru bisa jadi semakin parah.

Durian
Durian kaya akan kandungan alkohol, methanol, ethanol, sulfur, serta ethyl metacrylate yang bisa berbahaya bagi penderita tekanan darah tinggi, penyakit jantung, maag, kolesterol tinggi, diabetes, hingga asam urat.

Nanas
Kandungan di dalam nanas bisa meningkatkan konsentrasi darah dan menurunkan penyerapan obat antibiotik hingga 50 persen. Alhasil, kinerja obat tentu akan menurun drastis.

Baca Juga:  Jangan Minum Obat Bersamaan Dengan Minum Jus Buah

Anggur
Kandungan di dalam buah anggur ternyata bisa menghancurkan kandungan di dalam obat sehingga tidak bisa diserap sama sekali pada usus. Beberapa jenis obat yang sebaiknya tidak dikonsumsi berdekatan dengan buah ini adalah obat migraine, obat anti depresan, obat diabetes, dan obat pengencer darah.