Mainan yang Baik untuk Perkembangan Anak

Doktersehat.com – Bermain merupakan hal yang menyenangkan saat masa kanak-kanak. Ketika bayi pun anak sudah senang bermain. Ia mencoba meraih sesuatu untuk dijadikan permainannya. Namun, orang tua sebaiknya jangan sembarangan memberi mainan pada anak, terutama bila mereka masih usia bayi hingga dua tahun. Berilah bayi Anda mainan yang bisa memberikan keterampilan dan mengasah kecerdasannya. Berikut ini mainan yang baik bagi perkembangan anak:



1. Mainan yang Bisa Digenggam

Keterampilan visualnya yang semakin berkembang membuatnya tertarik untuk mengapresiasi apapun yang diperlihatkankan ke hadapannya. Si kecil memang belum dapat menggenggam lama mainan-mainan itu, namun ia akan ‘meninju-ninju’ mainan itu dengan senang.Sarung tangan dan Gelang Tangan. Kenakan dua mainan ini di pergelangan tangan atau kaki bayi. Bunyi derik atau kertak-kertuk dari mainan akibat goyangan tangan/kaki akan merangsangnya untuk terus aktif mengerakkan tangan atau kakinya.

2. Lonceng Angin

Bayi menyukasi musik lembut, gantungkan mainan ini di tempat yang bisa bayi lihatdan dengarkan suaranya. Kalau lonceng ditaruh di atas boks tidurnya ia akan terbiasa memperhatikan itu sebelum ia jatuh tertidur.

3. Buku Cerita

Ada buku-buku cerita—dengan kertas tebal–khusus untuk bayi seusia ini. Bagaimanapun, membiasakan anak membaca buku sejak usia dini akan sangat berguna di masa yang akan datang. Bacakanlah dengan suara akan merangsang keterampilan mendengar dan berbahasanya. Gunakanlah intonasi yang sesuai dengan jalan ceritanya,kalau ada syair yang harus diyanyikan maka nyanyikan. Ini akan membuat bayi semakin tertarik dengan bukunya.

4. Boneka (Orang atau Hewan)

Bayi-bayi seusia ini sedang membangun kedekatan dengan mainan favoritnya. Pakar anak sering menyarankan para orangtua untuk memperkuat koneksi itu. Hindari boneka yang berpita, bermata plastik, yang jahitannya tak rapi atau apapun yang bisa ditarik dan dimasukkan ke mulut bayi. Pilihlah boneka yang berukuran kecil saja.

5. Blok

Blok atau balok selama ini dikenal sebagai mainan yang baik bagi perkembangan anak. Karena blok mampu meningkatkan keterampilan gerak bayi.

Umumnya blok dibuat beraneka warna agar mampu menarik perhatian bayi. Bahan pembuatnya pun beraneka ragam, dari kayu atau yang berbahan halus. Selain blok, cangkir tumpuk aneka warna juga bisa Anda berikan.

Baca Juga:  Jus Segar Redakan Nyeri Haid

6. Baby Mobile

Baby mobile adalah mainan yang biasa digantung di boks bayi dan mengeluarkan musik. Mainan ini bermanfaat bagi bayi untuk merangsang penglihatan dan pendengarannya.

Selain itu mainan ini akan meningkatkan konsentrasi bayi dan kemampuan mengenali suara. Karena bayi berusaha menyentuh objek mainan yang bergerak berputar, maka bisa membantu merangsang kemampuan motoriknya.

7. Cermin

Bayi suka melihat bayi lain maupun diri mereka sendiri. Karena itu berikan bayi Anda cermin yang terbuat dari bahan aman. Cermin menjadi sumber hiburan dan bisa meningkatkan kemampuan mereka dalam mengenal wajah dan keterampilan aktivitas sosial. Cermin juga baik untuk mengembangkan fokus visual.

8. Musik Mainan

Mainan yang bisa mengeluarkan musik lembut mampu mempengaruhi perkembangan otak bayi. Jadi Anda bisa memberikannya piano mainan atau menggantungkan wind chime atau genta angin di tempat tidur bayi. Sehingga bayi akan lebih rileks saat tidur, dan siapa tahu saat besar nanti dia akan menjadi musisi.

9. Bola

Bola adalah mainan favorit bayi. Berikanlah bayi Anda bola mainan berwarna cerah yang terbuat dari bahan lembut. Melempar bola bisa meningkatkan kemampuan bayi mengambil sesuatu, serta meningkatkan koordinasi fisik dan penglihatan.

Mainan yang terbuat dari bahan lembut dan memiliki aneka warna dengan desain beragam yang menarik juga bisa diberikan. Misalnya mainan berbentuk kupu-kupu atau bunga. Mainan ini akan meningkatkan kemampuan indra peraba dan kemampuan memegang sesuatu.

10. Tikar Aktivitas

Tikar warna-warni dengan aneka gambar atau huruf dan tekstur ini baik untuk perkembangan bayi Anda. Kenalkan mainan ini saat bayi Anda mulai belajar duduk dan berdiri.

Tikar aktivitas ini akan membantu mengembangkan koordinasi tangan dan mata, ketajaman penglihatan, kontrol otot dan kemampuan motorik lainnya. Tikar ini juga bisa menguatkan otot lantaran bayi sibuk bergerak di atasnya.

11. Puzzles

Puzzle adalah merupakan salah satu cara terbaik untuk memberi kepuasan tersendiri untuk si kecil. Mampu mencocokkan susunan potongan gambar sesuai tempatnya adalah sebuah kesenangan luar biasa bagi si kecil. Pilihlah jenis puzzle yang memiliki corak sederhana dan mudah ditempelkan.

Dari berbagai sumber