Main Game Super Mario Bross Disebut-sebut Bisa Mencegah Demensia

DokterSehat.Com– Super Mario Bross adalah salah satu game legendaris yang disukai oleh banyak orang dari beragam generasi. Tak disangka, game yang sangat ikonik ini disebut-sebut bisa mencegah datangnya penyakit yang kerap menyerang orang tua, yakni demensia. Bagaimana cara game ini bisa melakukannya?

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Kanada ini, disebutkan bahwa permainan ini mampu menstimulasi otak dan mempengaruhi kondisi kesehatannya sehingga mampu mencegah demensia atau yang kerap disebut sebagai pikun ini. Dalam penelitian ini, terdapat 33 relawan dengan rentang usia 55 hingga 75 tahun yang dibagi menjadi beberapa kelompok dimana salah satu kelompok belajar memainkan piano, kelompok lainnya bermain Super Mario 64, dan kelompok terakhir mengambil bagian dalam tugas.

Profesor Gregory West yang merupakan pemimpin dari penelitian ini dari Universite de Montreal menyebutkan bahwa kelompok orang yang bermain game Super Mario 64 setiap setengah jam dalam sehari ternyata cukup efektif dalam mencegah datangnya demensia. Hal ini disebabkan oleh terlibatnya bagian hippocampus dalam otak saat kita memainkan game ini. Hal ini aka membuat terjadinya pemetaan kognitif serta eksporasi otak pada peta kognitif atau representasi mental. Kondisi ini akan meningkatkan aktifitas fungsional serta “grey material” di bagian hippocampus dan cerebellum, bagian yang berperan pada memori spasial dan episodic serta pengendalian dan keseimbangan motorik.

Dalam penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul PLOS ONE ini, disebutkan bahwa permainan yang membuat kita memainkan karakter yang berjalan-jalan di dunia terbuka, mengumpulkan koin, melengkapi teka-teki, hingga melawan musuh Mario dan menyelamatkan puteri bisa membuat kita meningkatkan daya ingat dan memelihara kesehatannya dengan baik.

Jadi siapa bilang bermain game itu selalu buruk, bermain game ini ternyata ada manfaatnya lho.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik