Macam-Macam Penyakit Menular dan Pencegahannya

DokterSehat.Com – Penyakit menular adalah penyakit yang dapat menular dari satu orang ke orang yang lain, penularan dari penyakit ini biasanya terjadi bila terjadi kontak antara orang yang sakit dengan orang lain. Bisa juga terjadi secara langsung maupun melalui perantara. Biasanya sifat dari penyakit menular adalah akut, berdurasi pendek, dan biasanya disebabkan oleh patogen.



Berikut macam-macam penyakit menular dan cara pencegahannya :

  • Diare
    Penyakit diare disebabkan oleh virus, penularan penyakit ini oleh virus akan dapat dihindari jika seseorang rajin mencuci tangan dengan sabun antiseptik sebelum makan atau mengonsumsi sesuatu.
  • Malaria
    Gigitan nyamuk merupakan cara penularan dari penyakit ini. Anda bisa menggunakan lotion anti nyamuk dan tidak membiarkan nyamuk berkembang dengan mudah, salah satunya adalah tidak membuat genangan air.
  • Kolera
    Kolera ditularkan atau disebabkan oleh bakteri. Tindakan pencegahannya meliputi, tidak tinggal di daerah yang suspek kolera dan tidak mengonsumsi makanan dan minuman sisa penderita kolera, dan yang lainnya.
  • Tipes
    Tipes sangat umum diderita oleh orang Indonesia. Bakteri Salmonella Thypi adalah agen penular tipes. Untuk menghindari penyakit ini, Anda harus menjaga kebersihan dan menjaga kehigienisan makanan dan minuman yang Anda konsumsi.
  • Cacar
    Adalah virus varicella zoster, agen penular penyakit cacar. Di samping penderitanya sendiri yang memang membawa virus tersebut rentan menularkannya ke daerah sekitar. Maka dari itu, untuk mencegahnya Anda perlu melakukan vaksinasi cacar ditambah dan menghindari penderita cacar. Atau lebih bijak jika penderita cacar dikarantina sementara waktu hingga sembuh.
  • Campak
    Campak mudah ditularkan melalui ludah penderita. Pencegahannya bisa melalui vaksin dan menghindari kontak langsung dengan penderita campak.
  • Batuk
    Penyakit inilah yang mudah ditularkan, sebab bisa menyebar melalui udara. Tidak hanya batuk, penyakit-penyakit yang berhubungan dengan batuk juga demikian. Anda harus menggunakan masker untuk mencegah penyakit ini. Di samping itu, pastikan bahwa daya tahan tubuh Anda kuat dengan konsumsi vitamin C yang cukup.
  • Penyakit menular seksual
    PMS atau penyakit menular seksual merupakan satu dari sekian banyak macam-macam penyakit menular yang wajib diwaspadai. Anda bisa mencegahnya dengan seks sehat, tidak berganti pasangan, dan menghindari kontak cairan dengan penderita.
  • Hepatitis
    Penyakit menular selanjutnya adalah penyakit kuning. Pencegahan penyakit ini bisa dilakukan dengan cara menghindari kontak langsung dengan penderita dan tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang cara memasaknya kurang baik. Selain itu, Anda perlu waspada saat melakukan transfusi, serta memastikan bahwa makanan yang Anda konsumsi adalah makanan sehat.
  • Demam berdarah
    Aedes Aegypti adalah agen penular atau penyebab penyakit DB. Anda harus mengikuti saran dari pemerintah dengan 3M disusul dengan benteng pribadi dengan menggunakan anti nyamuk, kipas angin, atau pun AC yang dapat mengusir nyamuk.
  • TBC
    TBC atau tuberculosis ditularkan oleh bakteri. Perkuat daya tahan tubuh dan pakailah masker untuk menjaga tubuh Anda dari penularan penyakit TBC ini.
Baca Juga:  Makanan Sehat Untuk Pria

Selain macam-macam penyakit menular di atas, masih ada penyakit lainnya seperti gondok, muntaber, kaki gajah, pneumonia, cacingan, pes, penyakit mata merah, dan lain-lain yang juga tergolong dalam penyakit menular.