Maag, Penyakit yang Paling Sering Muncul Saat Puasa Ramadhan

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan spesialis dalam yang berasal dari Siloam Hospital Kebon Jeruk Jakarta bernama dr. Sandra Utami Widiastuti menyebutkan bahwa saat bulan Ramadhan seperti sekarang ini, sakit maag adalah keluhan yang paling sering muncul. Sebenarnya, apa penyebab dari banyaknya orang terkena sakit maag saat berpuasa?



Menurut dr. Sandra, banyak orang yang pada hari-hari biasa jarang terkena masalah maag ini namun pada akhirnya terkena maag saat berpuasa. Hal ini disebabkan karena saat berpuasa, perut, khususnya lambung, berada dalam kondisi kosong dalam waktu yang sangat lama. Sayangnya, saat berbuka, mereka kalap dan langsung mengkonsumsi makanan berat. Kondisi perut yang kaget inilah yang pada akhirnya membuat mereka mudah terkena sakit maag.

Jika anda termasuk dalam orang yang beresiko mengalami sakit maag saat berpuasa. Ada baiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukannya. Dokter akan memberikan saran makanan atau minuman apa saja yang aman untuk dikonsumsi agar kuat untuk berpuasa. Sebagai contoh, saat berbuka puasa, ada baiknya anda tidak langsung mengkonsumsi makanan berat, namun mengkonsumsi air putih dan makanan yang ringan terlebih dahulu. Setelah agak malam atau perut sudah cukup nyaman, barulah anda bisa mengkonsumsi makanan berat.

Selain mengatur makanan apa yang dikonsumsi terlebih dahulu saat berbuka, ada baiknya penderita maag mulai mengurangi asupan makanan bersantan atau makanan yang terlalu manis. Selain itu, cobalah untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan yang terlalu asam atau minuman berkafein layaknya kopi dan teh terlebih dahulu. Dengan menjaga pola makan yang baik, maka penderita maag pun bisa tetap berpuasa dengan lancar tanpa harus menderita penyakit yang membuat perut tidak nyaman ini.