Lutut dan Siku Kasar dan Hitam

DokterSehat.Com – Semua orang tentu mengharapkan dirinya memiliki bentuk fisik yang ideal dan menarik. Disamping dapat menambah kepercayaan diri, bentuk fisik yang ideal juga akan memudahkan kita untuk mendapatkan atau melakukan banyak hal. Sayangnya, setiap orang tentu memiliki beberapa kelamahan pada fisiknya. Salah satunya adalah pada area siku atau lutut. Area yang kerap ditekuk ini terkadang terlihat hitam dan juga kasar meskipun di area kulit lainnya terlihat lebih cerah. Anda tentu akan merasa kurang percaya diri jika memakai pakaian yang memperlihatkan lutut atau siku anda yang kasar dan menghitam, bukan? Apa yang menyebabkan area lutut dan siku ini bisa berbeda dari area kulit lainnya?



Warna gelap menghitam yang ada di area lutut dan siku biasanya mengindikasikan bahwa area tersebut memiliki kulit yang cenderung lebih tebal daripada kulit sekitarnya. Hal ini berarti pigmen kulit di area siku dan lutut lebih tebal sehingga terlihat lebih gelap dan kusam. Salah satu kepercayaan umum masyarakat mengapa area ini memiliki kulit lebih tebal dan lebih gelap adalah karena saat bayi belajar merangkak, orang tua tidak memberikan lapisan layaknya baju atau celana panjang sehingga kulit tersebut menebal dan menghitam karena gesekan saat merangkak dalam waktu lama. Disamping itu, area lutut dan juga siku yang menghitam biasanya memiliki kelenjar minyak dengan kandungan lebih sedikit dari area lainnya. Hal ini berarti lutut dan siku akan lebih cepat kering dan kusam daripada area kulit lainnya.

Untuk membuatnya cerah kembali, kita bisa memakai pelembab kulit dan juga hand and body lotion yang bisa mengembalikan kecerahan dan kehalusan area siku dan lutut. Disamping itu, kita juga bisa memakai beberapa cara alamiah. Sebagai contoh, kita bisa memakai campuran cuka dan yoghurt yang bisa dioleskan pada area lutut dan siku. Disamping itu, kita juga bisa membersihkan sel kulit mati pada area siku dan lutut dengan cara merendam lutut dan siku pada air hangat yang diberi beberapa tetes minyak zaitun. Setelah itu, kita bisa gosok area tersebut dengan spon atau batu apung. Lutut dan siku pun kembali cerah sehingga kita bisa kembali mendapatkan kepercayaan diri kita.