Luteolin menjadi bintang diantara senyawa tanaman yang menyehatkan

DokterSehat.com-Senyawa alami di dalam tanaman dapat melindungi kita dari peradangan yang tidak diinginkan. Akan tetapi, peneliti nutrisi manusia sepakat bahwa banyak pertanyaan yang belum terjawab prihal bangaimana sebenarnya senyawa ini, yang disebut dengan phytochemical ini, melakukannya. Penelitian yang dilakukan oleh Daniel H. Hwang, seorang ahli biologi Molekuler dari USDA Agricultural Research Service (ARS) menunjukkan beberapa informasi penting.



Menurut Hwang beberapa jenis peradangan dapat memicu resiko kanker dan penyakit lainnya, termasuk penyakit jantung, dan resisten tehadap insulin. Beberapa penelitian Hwang yang sedang berjalan meneliti tentang bagaimana enam senyawa alami di dalam tanaman – luteolin, quarcesin, chrysin, eriductol, hesperetin, dan naringenin – dapat berfungsi sebagai anti peradangan.

Kelompok Hwang menunjukkan untuk pertama kali, bahwa kesemua enam senyawa tanaman tersebut menyerang enzim yang diketahui sebagai “TBK1.” Setiap senyawa tersebut menghambat, pada tingkat tinggi atau rendah, kemampuan TBK1 untuk mengaktifkan signal biokimia tertentu. Signal tersebut apabila tidak terganggu akan membentuk gen yang akan memicu peradangan.

Dari keenam senyawa tersebut, diketahui bahwa luteolin merupakan penghambat TBK1 yang paling efektif.  Luteolin banyak ditemukan di seledri, merica hijau, thyme, wortel, minyak zaitun, peppermint, rosemary, dan oregano.