Luruhkan Batu Ginjal Dengan 4 Cara Alami Berikut

DokterSehat.Com – Penyakit batu ginjal bisa menyerang siapa saja, terutama bagi mereka yang mempunyai pola hidup tidak sehat. Batu ginjal sendiri bisa dipicu oleh berbagai faktor misalnya, asupan air yang kurang. Lalu apa yang harus dilakukan jika sudah terkena batu ginjal?



Jika saluran kemih atau saluran pembuangan air seni ini tersumbat, Anda akan mengalami susah buang air kecil dan timbul rasa nyeri karena batu mungkin sudah berada di saluran kemih. Jika tidak segera ditangani, tidak menutup kemungkinan Anda akan mengalami kencing darah yang menyakitkan.

Menurut kutipan www.stylecraze.com, ada beberapa cara untuk bisa meringankan dan mempermudah peluruhan batu ginjal, antara lain :

  1. Apel
    Buah apel diketahui bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Selain enak karena rasanya yang renyah dan manis, ternyata apel juga bisa melarutkan batu ginjal secara alami. Cukup makan 2 buah apel segar rutin setiap hari untuk bisa merasakan efeknya.

    Ini mungkin disebabkan oleh banyaknya kandungan antioksidan di dalam apel, seperti vitamin A dan C yang dapat melarutkan batu ginjal. Anda juga bisa minum sari cuka apel jika bosan dengan buah apel segar, namun hindari gula terlalu banyak Ladies, karena seringkali banyak kandungan gula dalam cuka apel.

  1. Anggur
    Anggur juga merupakan salah satu obat alami penyembuh penyakit yang enak. Ini karena anggur memiliki banyak kandungan nutrisi yang bisa menyembuhkan secara alami. Makan anggur beserta kulit dan bijinya Ladies, karena selain daging buahnya, justru di biji anggur terdapat banyak kandungan antioksidan kuat penyembuh penyakit.
  1. Semangka
    Semangka merupakan salah satu buah yang kaya akan air. Jika Anda termasuk seseorang yang sulit minum, maka makan buah semangka yang banyak akan memudahkan batu ginjal luruh dari dalam saluran kemih. Makan semangka juga akan membantu membilas bagian dalam ginjal tanpa rasa sakit. Cukup makan 300-500 gr per hari untuk mendapatkan manfaatnya.
  1. Asparagus
    Jika Anda suka dengan sayur tunas seperti asparagus, maka hal ini akan sangat baik. Perbanyak asupan asparagus jika ingin meluruhkan batu ginjal. Ini karena asparagus memiliki senyawa asparagin yang dapat memecah batu ginjal sehingga memudahkan batu ginjal keluar dari saluran kemih.

Masalah batu ginjal juga harus disertai dengan kebiasaan banyak minum agar mempermudah batu ginjal keluar dari saluran kemih dan menghindari terbentuknya batu ginjal lain.