informasi kesehatan


LUPUS – Apa itu Penyakit LUPUS ??

Penyakit LUPUS adalah penyakit baru yang mematikan setara dengan kanker. Tidak sedikit pengindap penyakit ini tidak tertolong lagi, di dunia terdeteksi penyandang penyakit Lupus mencapai 5 juta orang, lebih dari 100 ribu kasus baru terjadi setiap tahunnya.

Arti kata lupus sendiri dalam bahasa Latin berarti “anjing hutan”. Istilah ini mulai dikenal sekitar satu abad lalu. Awalnya, penderita penyakit ini dikira mempunyai kelainan kulit, berupa kemerahan di sekitar hidung dan pipi . Bercak-bercak merah di bagian wajah dan lengan, panas dan rasa lelah berkepanjangan , rambutnya rontok, persendian kerap bengkak dan timbul sariawan. Penyakit ini tidak hanya menyerang kulit, tetapi juga dapat menyerang hampir seluruh organ yang ada di dalam tubuh.

Gejala-gejala penyakit dikenal sebagai Lupus Eritomatosus Sistemik (LES) alias Lupus. Eritomatosus artinya kemerahan. sedangkan sistemik bermakna menyebar luas keberbagai organ tubuh. Istilahnya disebut LES atau Lupus. Gejala-gejala yang umum dijumpai adalah:

  1. Kulit yang mudah gosong akibat sinar matahari serta timbulnya gangguan pencernaan.
  2. Gejala umumnya penderita sering merasa lemah, kelelahan yang berlebihan, demam dan pegal-pegal. Gejala ini terutama didapatkan pada masa aktif, sedangkan pada masa remisi (nonaktif) menghilang.
  3. Pada kulit, akan muncul ruam merah yang membentang di kedua pipi, mirip kupu-kupu. Kadang disebut (butterfly rash). Namun ruam merah menyerupai cakram bisa muncul di kulit seluruh tubuh, menonjol dan kadang-kadang bersisik. Melihat banyaknya gejala penyakit ini, maka wanita yang sudah terserang dua atau lebih gejala saja, harus dicurigai mengidap Lupus.
  4. Anemia yang diakibatkan oleh sel-sel darah merah yang dihancurkan oleh penyakit LUPUS ini
  5. Rambut yang sering rontok dan rasa lelah yang berlebihan

Dr. Rahmat Gunadi dari Fak. Kedokteran Unpad/RSHS menjelaskan, penyakit lupus adalah penyakit sistem imunitas di mana jaringan dalam tubuh dianggap benda asing. Reaksi sistem imunitas bisa mengenai berbagai sistem organ tubuh seperti jaringan kulit, otot, tulang, ginjal, sistem saraf, sistem kardiovaskuler, paru-paru, lapisan pada paru-paru, hati, sistem pencernaan, mata, otak, maupun pembuluh darah dan sel-sel darah.

“Penyakit ini dapat mengenai semua lapisan masyarakat, 1-5 orang di antara 100.000 penduduk, bersifat genetik, dapat diturunkan. Wanita lebih sering 6-10 kali daripada pria, terutama pada usia 15-40 tahun. Bangsa Afrika dan Asia lebih rentan dibandingkan kulit putih. Dan tentu saja, keluarga Odapus. Timbulnya penyakit ini karena adanya faktor kepekaan dan faktor pencetus yaitu adanya infeksi, pemakaian obat-obatan, terkena paparan sinar matahari, pemakaian pil KB, dan stres,” ujarnya. Penyakit ini justru kebanyakaan diderita wanita usia produktif sampai usia 50 tahun sekalipun ada juga pria yang mengalaminya. Oleh karena itu dianggap diduga penyakit ini berhubungan dengan hormon estrogen.

Pada kehamilan dari perempuan yang menderita lupus, sering diduga berkaitan dengan kehamilan yang menyebabkan abortus, gangguan perkembangan janin atau pun bayi meninggal saat lahir. Tetapi hal yang berkebalikan juga mungkin atau bahkan memperburuk geja LUPUS. Sering dijumpai gejala Lupus muncul sewaktu hamil atau setelah melahirkan.

Tubuh memiliki kekebalan untuk menyerang penyakit dan menjaga tetap sehat. Namun, dalam penyakit ini kekebalan tubuh justru menyerang organ tubuh yang sehat. Penyakit Lupus diduga berkaitan dengan sistem imunologi yang berlebih. Dalam tubuh seseorang terdapat antibodi yang berfungsi menyerang sumber penyakit yang akan masuk dalam tubuh. Uniknya, penyakit Lupus ini antibodi yang terbentuk dalam tubuh muncul berlebihan. Hasilnya, antibodi justru menyerang sel-sel jaringan organ tubuh yang sehat. Kelainan ini disebut autoimunitas . Antibodi yang berlebihan ini, bisa masuk ke seluruh jaringan dengan dua cara yaitu :

Pertama, antibodi aneh ini bisa langsung menyerang jaringan sel tubuh, seperti pada sel-sel darah merah yang menyebabkan selnya akan hancur. Inilah yang mengakibatkan penderitanya kekurangan sel darah merah atau anemia.

Kedua, antibodi bisa bergabung dengan antigen (zat perangsang pembentukan antibodi), membentuk ikatan yang disebut kompleks imun.Gabungan antibodi dan antigen mengalir bersama darah, sampai tersangkut di pembuluh darah kapiler akan menimbulkan peradangan. Dalam keadaan normal, kompleks ini akan dibatasi oleh sel-sel radang (fagosit) Tetapi, dalam keadaan abnormal, kompleks ini tidak dapat dibatasi dengan baik. Malah sel-sel radang tadi bertambah banyak sambil mengeluarkan enzim, yang menimbulkan peradangan di sekitar kompleks. Hasilnya, proses peradangan akan berkepanjangan dan akan merusak organ tubuh dan mengganggu fungsinya. Selanjutnya, hal ini akan terlihat sebagai gejala penyakit. Kalau hal ini terjadi, maka dalam jangka panjang fungsi organ tubuh akan terganggu.

Kesembuhan total dari penyakit ini, tampaknya sulit. Dokter lebih berfokus pada pengobatan yang sifatnya sementara.Lebih difokuskan untuk mencegah meluasnya penyakit dan tidak menyerang organ vital tubuh.

Dokter Sehat

pf button both LUPUS   Apa itu Penyakit LUPUS ??
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

1,044 Responses to “LUPUS – Apa itu Penyakit LUPUS ??”

  1. jhefriy says:

    selamat siang dok, mau tanya ni sy sdh 3 hari mengalami badan lemas panas timbul sariawan badan pegal-pegal demam .setelah itu timbul bintik-bintik merah mulai dari bawa leher sy sampai pinggang,
    itu penyakit apa ya dok ???

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Gejala sistemik Yg anda sebutkan hampir Ada pada Kebanyakan penyakit. Namun untuk merah2 pada tubuh, harus dilakukan pemeriksaan langsung untuk mengetahui apakah itu.sebaiknya langsung periksakan ke dokter untuk ditangani secara tepat. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. yanti says:

    Bismillah
    Dok sy ingin sharing …
    Saya punya kakak, awalnya beliau diagnosa anemia oleh dokter, tapi seiring berjalannya waktu dokter mendiagnosa bahwa kakak saya mengidap penyakit lupus, itu bagaimana ya dok? dan solusi penyembuhannya bagaimana ya dok?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Untuk LUPUS tidak dapat disembuhkan total, hanya dapat dikontrol gejala2nya saja. Dengan daya tahan tubuh Yg baik, maka Penderita LUPUS dapat beraktivitas seperti biasa. Dan tetap harus kontrol ke dokter Yg menangani, trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. amnah says:

    selamat mlm dok… dah hmpir setahun rambut sy rontok aj dok, kepala sering oyong n sering kecapean. emang slm ni sy dah coba pke sampo anti rontok tp tetap jg rontok, n sy cb mnum vitamin biar g oyong lg tp mkin hri kpla sy mkin skit n mkin g bs capek wlupun dikit kerjanya. pa it trmasuk gejala LUPUS dok? n jk perlu diperiksa, kira2 diperiksa kespesialis ap y dok? mhn konfirmasiny y dok. terima kasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Sulit kami katakan ialah lupus atau bukan, tanpa pemeriksaan langsung. Kerontokan rambut bisa saja Karena masalah kulit kepala atau peredaran darah. Anda his a memeriksakan ke dokter spesialis kulit. Untuk nyeri kepala, and abisa Lakukan pemeriksaan kedokter spesialis saraf. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. ajeng novitasari says:

    Dokter saya punya bintik2 merah dikaki tp tidak mengganggu tidak gatal tp rambut saya rontok itu kenapa ya fok kok tiba2 ada bintik2 merah tsb trimakasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Rambut rontok bisa Karena masalah shampoo/kulit kepala. Coba ganti shampoo anda. Dan bila masih dapat di hitung, kerontokan rambut ialah Hal Yg normal terjadi.
      Untuk bintik2 merah bisa saja Karena membutuhkan darah, gigitan nyamuk/serangga, dll. Bila tidak mengganggu, maka Akan menghilangkan sendiri. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. sri windri says:

    malam dok,
    ada tmen saya yg mnglami pnykit lupus
    dy sudh di fonis trkna pnykit lupus
    dan da 1 bulan ne dy di rawat di rumah skit
    dan bgaimna dngn tu smw dok. trima ksih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Bila Sudah drawat di rumah sakit, maka itu adalah tindakan Yg tepat. Mengenai perkembangannya, Akan Lebih baik anda tanyakan langsung kepada dokter Yg menangani. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. uki nugrahani says:

    Ass..
    Selamt siang dok dg saya uki..
    Saya udh 2 tahun menderita sle tp baru tau blom lama nii saya positif sle..dari semenjak saya terhitung msh sekolah saya sudah merasakan dari awal gejala sakit kaki 1 bengkak, sya beranggap mgkin aku kecpekan tp aku gk mersa gk jatuh krna kaki saya bngkak..skian lma aku gk kuat dg beranggapan dokter yg saya tiap saat periksa mereka berbeda2 pendapat ada yg bilang lok sya kecpekan, radang kulit, pemkaian hak spatu tinggi, alergi sinar mthari, alergi dingin, kurang istrht, terinfeksi kulit, anemia, tidk boleh krj keras, tidk boleh berdiri trlalu lama, maag, jangn berfikir yg berat2, rdang lmbung, jmtung lemah, asma, skit gula(brt bdan laik),..sudh ckup bnyk dokter yg aku cri sllu saja branggp lok aku baik2 aja..semtara saya hrus mrasakan derita yg slih bergnti dri wktu ke wktu yg lma dan brkepnjangan..aku gk kuat skit apa aku sbnernya..
    Alhmdulillah aku skrg dh tw aku skit apa skrg..mnjadikan aku lbih lega wlo aku tw menderita seberat ini aku bersykur bnget udh skian lama aku cri mencari kesna kesini..dan skrg ini aku msh berthan dg skit ku ini wlo aku jrng ke rs untuk mencgah skitku ini..tp stiap wktu aku bnyk prhatian ortu pcar dan teman yg bwt aku smngat kmbali..thank..
    Bismilahhirahmannirahhim..dg ku pasrahkan n ku iklaskan karna saya sudah berusaha melawan skit ku ini yg sewaktu waktu dtng kembali..

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Anda tetap harus manjaga daya tahan tubuh, istirahat Yg cukup, makan makanan bergizi. Dan Yg terpenting ialah dukungan dari orang Sekitar, serta hindari stress. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  7. Salman says:

    Dok, saya mautanya, untuk pemeriksaan penyakit ini direkomendasikan di RS apa dok? dan Dokternya siapa dok. Trims infonya.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Untuk LUPUS sebaiknya diperiksakan ke dokter spesialis penyakit dalam di RS yang terdekat dengan lokasi anda. SEmua dokter spesialis penyakit dalam kompeten untuk menangai masalah ini. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  8. Salman says:

    Mohon Info Dok, Untuk pemeriksaan secara akurat penyakit ini ke RS mana di rekomendasikan Dok? dan Dokternya siapa? Trims

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Untuk LUPUS sebaiknya diperiksakan ke dokter spesialis penyakit dalam di RS yang terdekat dengan lokasi anda. SEmua dokter spesialis penyakit dalam kompeten untuk menangai masalah ini. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  9. r sugianto says:

    Liquid zeolite mineral yg mempunyai kemampuan menukar ion diindikasi dapat membantu mengatasi penyakit ini.penderita boleh mencoba dpt menghubungi 08111118135 r sugianto

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  10. susan says:

    selamat siang dok,, kakak saya didiagnosis gejala lupus, sempat ditawari produk G*****a yg mengandung glutathione apa itu aman kira- kira dok,, apa tidak akan ada benturan didalam tubuhnya??? mohon jawabannya dok, terimakasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      sebaiknya jangan minum obat sembarangan dan konsultasikan dulu dengan dokter yang menangani kakak anda. trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  11. adhe says:

    malam dok,

    Saya mau tanya apa kira kira penyakit lupus ini bisa disembuhkan atau dapat mengakibatkan kematian. Seberapa cepat proses penjalaran penyakit ini di tubuh seseorang. Saya mengalami nya sudah sejak sekitar 8-9tahun lalu dan di perkirakan dokter terkena lupus.
    Memang saya merasakan lebih cepat merasa cape, pusing pusing dan juga rambut sudah mulai menipis, rasa ngilu sakit juga lebih sering dok. maka nya saya jarang keluar rumah.
    Apakah ada obat nya dok?
    terima kasih untuk waktu nya membaca mail saya.

    Best Regards,

    Adhe

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Penyakit LUPUS tidak dapat disembuhkan secara total karena ini merupakan penyakit autoimun. namun penyakit ini bisa dikendalikan dengan menjada daya tahan tubuh anda tetap baik. Bila sering merasa ada keluhan, sebaiknya diperiksakan ke dokter spesialis penyakit dalam. trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  12. malem dok,,
    saya mau tanya,, hampir 2thn sya mudah banget merasa kecapek’an, terus rambut saya juga rontok terus,, saya udh coba cari shampo yg anti rambut rontok,, tpi gk ad efek nya sama sekali,, skrng saya lihat,, rambut sya udh tipis banget,, lbh bnyk yg rontok dri pda yg dikepala,, akhiir” ini juga tiba” sya sering merasa sesak,, rasanya sakiit bangeet,, ap ini gejala LUPUS dok,,???? terima kasiih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Untuk mendiagnosa LUPUS, diperlukan pemeriksaan fisik dan juga tambahan lainnya karena penyakit ini sangat kompleks. Kami tid bisa menyimpulkan tanpa melakukan pemeriksaan apapun.grjala yg anda alami juga bisa terjadi pada kondisi lainnya. Untuk lebih jelas sebaiknya diperiksakan langsung ke dokter spesialis penyakit dalam. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  13. mimi says:

    Malam dok.. sy mau tanya sejak sy berumur 17 smpai skrang sy berumur 19 th setiap trkena sinar badan maupun di wajah sy merah,tetapi bintik2 timbul. Dan terakhir sy sempat pinsan saat terkena sinar, apakah itu dapat di diagnosa lupus?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Kemungkinan hanya alergi terhadap sinar atau panas. Untuj mengetahui lebih jelas, kamu bisa periksakan ke dokter langsung. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  14. Apakah penderita AIHA berisiko terkena lupus dok?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  15. khintan natasya says:

    Dok, rambut sy 3bulan terakhir sering rontok berlebihan setiap habis keramas,atau saat menyisir bahkan saat hanya akan di elus rontoknya sangat banyak. Badan/kulit sy selalu panas/tdk pernah dingin. Apakah itu penyakit lupus?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Untuk diagnosa LUPUS tidak hanya berdasarkan kerontokan rambut dan tubuh yg hangat saja. Seperti namanya, hampir seluruh organ tubuh akan terganggu. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0


Trackbacks/Pingbacks

  1. Apa itu Penyakit Lupus? | Muhammad Farizqi - [...] Sumber: http://doktersehat.com/lupus-apa-itu-penyakit-lupus/ [...]
  2. Cara Menyembuhkan Penyakit | Cara Sembuhkan Penyakit Lupus - […] #sumber […]
  3. Mengenal Penyakit Lupus dan Penyebab Penyakit Lupus - […] Penyakit LUPUS ialah penyakit baru dan mematikan setara dengan kanker. di dunia terdeteksi penyandang penyakit Lupus mencapai 5 juta …
  4. LUPUS- apa itu penyakit lupus ??? | maaulanabasir - […] Read more: http://doktersehat.com/lupus-apa-itu-penyakit-lupus/#ixzz350YtPy00 […]
  5. penyebab dan jenis penyakit epilepsi. | maaulanabasir - […] Read more: http://doktersehat.com/lupus-apa-itu-penyakit-lupus/#ixzz350YtPy00 […]