Luka – Bagian Lapisan Kulit

Ada dua lapisan kulit yang menutupi tubuh yaitu epidermis dan dermis.

doktersehat-siku-hitam-lengan-tangan-Eritema-Multiformis-luka-bakar

Epidermis
Epidermis adalah lapisan terluar dari kulit, bagian yang dapat dilihat, dan sangat aktif karena ada sel-sel kulit baru yang terbentuk dan bertahap. Ada berbagai jenis sel-sel epidermis:

  • Keratinosit adalah sel-sel kulit utama yang kita lihat. sel epidermis baru ketika epidermis dan dermis bertemu. Sel-sel ini secara bertahap matang dan naik ke permukaan kulit dan akhirnya tanggal untuk diganti dengan sel yang baru. Epidermis tidak memiliki pembuluh darah dan menerima nutrisi dari dermis yang mendasari.
  • Melanosit mengandung pigmen dan memberikan warna pada kulit dan bertanggung jawab untuk menyerap radiasi dan melindungi dari kerusakan yang disebabkan oleh radiasi ultraviolet.
  • Sel langerhan dibuat di sumsum tulang dan bermigrasi ke permukaan kulit untuk membantu melawan infeksi.
  • Sel merkel adalah sel-sel kulit khusus yang membantu penginderaan untuk merasakan sentuhan halus. Mereka berada di ujung jari tangan dan kaki serta daerah khusus lainnya.

Dermis
Dermis adalah lapisan kulit yang lebih dalam. Dermis memiliki dua lapisan yang bertanggung jawab untuk mendukung epidermis:

  • Papiler dermis adalah lapisan tipis jaringan yang terletak tepat di bawah epidermis dan mengandung pembuluh darah kapiler dan beberapa serat elastis dan kolagen.
  • Retikuler dermis adalah sekelompok besar dari serat kolagen dan serat elastis yang berjalan sejajar dengan permukaan kulit. Kolagen dan serat elastis bertanggung jawab untuk membantu kulit melawan cedera, dan memungkinkan kulit untuk kembali ke keadaan beristirahat setelah sedang diregangkan atau dikompresi. Ini adalah lapisan di mana folikel rambut, kelenjar keringat dan kelenjar minyak ditemukan.

Jaringan lemak subkutan mendasari lapisan epidermis dan dermis dan menyediakan bantalan ekstra untuk kulit. Di bawah jaringan lemak ini terbentang lapisan otot dan lapisan tulang.

Baca Juga:  Cara Mengobati Luka Bakar Secara Alami

Picture of the layers of the skin including the epidermis and dermis layers

Gambar 1. Struktur mikroskopis kulit