Luka Bakar – Pengertian dan Tipe

Luka bakar adalah sejenis cedera pada daging atau kulit yang disebabkan oleh panas, listrik, zat kimia, gesekan, atau radiasi. Luka bakar sendiri memiliki jenis dan derajat. Jenis luka bakar dapat dibagi berdasarkan penyebabnya (panas, listrik, zat kimia, gesekan, atau radiasi), derajat (kedalaman kulit yang terkena), intensitasnya (ringan sampai berat berdasarkan luas permukaan kulit yang terkena).

doktersehat-siku-hitam-lengan-tangan-Eritema-Multiformis-luka-bakar

Kebanyakan luka bakar adalah luka ringan yang biasa terjadi di rumah atau ketika bekerja. Seringkali kita mendapatkan luka bakar ringan dari air panas, setrikaan, atau menyentuh kompor panas. Perawatan di rumah biasanya diperlukan untuk penyembuhan dan mencegah masalah lain, seperti infeksi.

Ada banyak jenis luka bakar, antara lain:

  • Luka bakar panas (luka bakar termal) yang disebabkan oleh api, uap, benda panas, atau cairan panas. Luka bakar lepuh dari cairan panas adalah luka bakar yang paling sering untuk anak-anak dan orang dewasa yang lebih tua.
  • Luka bakar suhu dingin yang disebabkan oleh paparan kulit untuk kondisi basah, berangin, atau dingin.
  • Luka bakar listrik disebabkan oleh kontak dengan sumber listrik atau petir.
  • Luka bakar kimia disebabkan oleh kontak dengan rumah tangga atau bahan kimia industri dalam atau bentuk cair, padat, gas. makanan alami seperti cabai, yang berisi zat yang meirtiasi kulit, dapat menyebabkan sensasi luka terbakar.
  • Luka bakar radiasi disebabkan oleh matahari, tanning, sunlamps, sinar-X, atau terapi radiasi untuk pengobatan kanker.
  • Luka bakar Gesekan disebabkan oleh kontak dengan permukaan yang keras seperti jalan ( “jalan kasar”), karpet, atau permukaan semen. Proses gesekan tersebut biasanya menyebabkan abrasi/pengikisan dan menimbulkan energipanas. Atlet yang jatuh di lantai, lapangan, atau trek mungkin mendapatkan gesekan yangmembakar kulit. Pengendara sepeda motor yang kecelakaan di jalan sementara tidak mengenakan pakaian pelindung juga bisa mendapatkan luka bakar gesekan.
Baca Juga:  Luka Bakar - Estimasi Luas

Menghirup udara panas atau gas dapat melukai paru-paru (cedera inhalasi). Bernapas pada situasi gas beracun, seperti karbon monoksida, dapat menyebabkan keracunan.

Luka bakar melukai lapisan kulit dan juga bisa melukai bagian lain dari tubuh, seperti otot, pembuluh darah, saraf, paru-paru, dan mata. Luka bakar didefinisikan dengan derajat pertama, kedua, ketiga, atau keempat derajat, tergantung pada berapa banyak lapisan kulit dan jaringan yang terbakar. Semakin dalam luka bakar dan lebih besar area yang terbakar, lebih serius luka bakar yang terjadi.

  • luka bakar derajat pertama, mengenai lapisan pertama kulit.
  • dua jenis luka bakar derajat dua:
    • ketebalan superfisial parsial melukai lapisan pertama dan kedua dari kulit.
    • luka bakar yang melukai lapisan kulit yang lebih dalam.
  • luka bakar derajat Ketiga (luka bakar full-thickness) melukai semua lapisan kulit dan jaringan di bawah kulit. luka bakar ini selalu membutuhkan perawatan medis.
  • luka bakar derajat Keempat meluas melalui kulit dengan melukai otot, ligamen, tendon, saraf, pembuluh darah, dan tulang. luka bakar ini selalu membutuhkan perawatan medis.