Lucu, Kucing-Kucing Ini Dipekerjakan Kantor di Jepang Demi Menurunkan Stress Karyawannya

DokterSehat.Com– Sebuah ide yang sangat menarik dilakukan oleh perusahaan informasi teknologi di Jepang. Karena karyawannya kerap bekerja dengan keras dan harus lembur, perusahaan ini akhirnya mempekerjakan 9 ekor kucing untuk menemani para karyawan saat bekerja demi menurunkan stress. Bagaimana awal mula ide ini muncul?



Adalah Hidenobu Fukuda yang menerapkan ide yang unik ini. Direktur perusahaan IT bernama Ferray ini melihat karyawannya terlihat stress karena bekerja dengan sangat keras. Karena tidak ingin karyawannya mengalami depresi atau bahkan memiliki keinginan bunuh diri, tercetuslah ide untuk membawa kucing-kucing ini ke kantor.

Fukuda pun kemudian meminta karyawannya membaca kucing peliharaannya ke kantor agar bisa menemani mereka atau setidaknya bisa diajak bermain saat karyawannya mulai tertekan dengan pekerjaan. Ia bahkan akan memberikan insentif sebenar 5.000 Yen atau sekitar Rp 600 ribu jika karyawannya mau menyelamatkan kucing yang terlantar atau berada di jalanan untuk dipelihara dan dibawa ke kantor. Pihak perusahaan sendiri sudah menjamin makanan dan tempat pembuangan kotoran bagi para kucing-kucing tersebut.

Salah seorang karyawan, Eri Ito, mengaku jika kucing-kucing ini sangat enak untuk dipandang, apalagi jika kucing ini tidur di sebelah komputernya saat bekerja. Dengan menatapnya atau mengelus bulunya yang lembut, Ia merasa tenang dan stressnya pun mereda.

Sudah menjadi rahasia umum jika para pekerja di Jepang memliki sifat workaholic dan sangat rentan terkena stress. Karena tidak ingin menyebabkan depresi sekaligus menekan angka bunuh diri yang masih sangat tinggi, kini perusahaan di Jepang pun semakin banyak yang menggunakan hewan peliharaan sebagai pereda stress di kantornya. Tak hanya Ferray, perusahan lain bernama Oracle Japan bahkan sengaja memelihara anjing bernama Candy di kantornya. Hanya saja, Candy lebih berperan seperti penerima tamu alih-alih bebas berkeliaran dan tidur dengan bebas seperti kucing-kucing di kantor Ferray.