Luar Biasa, Tendangan Bayi Ini Sangat Kuat Hingga Keluar Rahim

DokterSehat.Com – Tentu bukan yang mengherankan bagi ibu hamil untuk merasakan tendangan bayinya di dalam kandungan. Bagi ibu hamil, tendangan bayi ini bahkan bisa membuat mereka merasa geli pada perutnya. Namun, apa yang terjadi pada ibu hamil yang berasal dari Perancis ini sungguh luar biasa. Bagaimana tidak, tendangan bayi di dalam rahimnya ternyata bisa menembus keluar rahim atau uterusnya. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-hamil-tes-usg

Kasus langka ini terjadi pada ibu hamil berusia 33 tahun yang tidak diketahui namanya. Diketahui bahwa dinding rahim sang ibu robek hingga 2,5 cm gara-gara tendangan sang bayi. Tak hanya kakinya yang keluar dari rahim, sebagian ketuban juga ikut keluar dari rahimnya. Yang luar biasa adalah, sang wanita tidak merasakan gejala atau rasa nyeri apapun pada perutnya dan Ia baru mengetahui kondisi ini tatkala memeriksakan kandungannya pada dokter dengan peralatan ultrasonografi atau USG saat usia kehamilannya sudah mencapai 22 minggu.

Dr. Pierre Emmanouel Bouet dari Angers University Hospital yang menangani kasus ini mengaku jika kasus ini adalah yang pertama kali Ia temukan sepanjang karirnya. Namun, menurut catatan kesehatan, kasus ini sebenarnya sudah pernah ada 26 kali dalam sejarah sehingga dianggap sebagai kasus yang sangat langka.

Menurut dr. Bouet, robekan pada rahim ini ternyata bukan karena tendangan sang bayi, namun karena kondisi rahim sang ibu yang sudah pernah melahirkan secara operasi Caesar sebanyak lima kali sebelumnya. Karena hal ini, dinding rahimnya pun sobek pada area sayatan bekas operasi Caesar yang paling akhir.

Beruntung, sang ibu tetap melanjutkan proses kehamilannya dan meskipun pada saat kehamilannya mencapai usia 30 robekannya sudah mencapai 5 cm, sang bayi yang diketahui berjenis kelamin laki-laki ini pun akhirnya bisa dilahirkan dengan operasi Caesar dalam kondisi yang sehat. Setelah proses persalinan, rahim sang ibu pun segera diperbaiki sehingga kondisinya pun semakin membaik.