Luar Biasa, Meskipun Lehernya Patah, Pria Ini Tidak Lumpuh

DokterSehat.Com – Sebuah kasus luar biasa terjadi di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional dimana seorang pria yang tak disebutkan namanya namun merupakan korban kecelakaan berhasil bertahan hidup dan mempertahankan fungsi sarafnya meskipun mengalami trauma kepala yang sangat berat. Salah seorang dokter yang bertugas di rumah sakit tersebut, dr. Fadhil SpBS, menyebutkan jika pria yang berusia 40 tahun ini didatangkan melalui ambulans setelah ditemukan warga tak sadarkan diri di pinggir jalan setelah terkena kecelakaan lalu lintas. Meski trauma kepalanya sangat berat dan tulang lehernya patah, pria ini selamat dan tidak lumpuh. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-tulang-belakang

Saat pemeriksaan awal, tim dokter agak khawatir dengan kondisi saraf sang pria mengingat tulang leher sebenarnya adalah bagian dari tulang belakang yang memiliki kumpulan saraf utama tubuh yang terkoneksi langsung dengan otak. Andai bagian tersebut mengalami cedera, resiko untuk terkena kelumpuhan jelas cukup besar. Namun, yang terjadi pada pria ini sangatlah luar biasa dimana meskipun tulang lehernya patah, saraf sumsum tulangnya tetap mampu bertahan. Pria ini bahkan masih tetap mampu menggerakkan sebagian anggota tubuh meskipun memang tidak benar-benar sekuat seperti biasanya.

Namun, disinilah tantangan bagi tim dokter berawal, karena kondisinya sangat tidak stabil, dikhawatirkan sedikit gerakan yang salah dari pria ini atau saat operasi bisa berdampak buruk bagi tulang belakang atau pembuluh darah. Beruntung, tim dokter dari rumah sakit ini segera melakukan operasi dengan hati-hati selama sekitar delapan jam demi memasang plat pada tulang leher sang pria.

Setelah berhasil menjalani operasi, pria ini kemudian diminta untuk menggerakkan beberapa anggota badan dan hasilnya adalah pria ini memang berhasil selamat dari kelumpuhan meskipun sempat mengalami cedera yang sangat parah. Diharapkan, pria ini bisa kembali pulih dalam waktu 8 hingga 12 minggu kemudian dan kembali beraktifitas secara normal.