Luar Biasa, Meski Sudah Berusia 105 Tahun, Kakek Ini Mampu Memecahkan Rekor Bersepeda

DokterSehat.Com – Robert Marchand bukanlah kakek pada umumnya yang bersantai di usia senja. Ia justru memilih untuk tetap aktif dan baru-baru ini bahkan berhasil memecahkan rekor bersepeda di Perancis. Di usia 105 tahun, Marchand berhasil menempuh jarak 92 kali putaran atau sekitar 22,547 km dalam waktu satu jam, yang dilakukan di Velodrome National Saint Quentin-en-Yveline, barat ibukota Paris. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-sepeda-olahraga

Marchand yang merupakan mantan juara senam nasional dan juga pernah menggeluti dunia tinju ini memang dikenal sebagai kakek yang aktif. Ia sendiri mengaku memiliki tingkat kebugaran yang jauh lebih prima jika dibandingkan dengan orang-orang seusianya karena selalu menerapkan pola makan yang sehat dan rutin berolahraga. Pria yang merupakan pensiunan pemadam kebakaran ini juga mengaku tidak menyukai kopi.

Sang kakek sendiri ternyata memang berencana untuk memecahkan rekor bersepeda dalam satu jam untuk manusia seusia dirinya. Memang, rekornya ini masih kalah jauh jika dibandingkan dengan milik Sir Bradley Wiggins yang berhasil menempuh jarak 54,526 km dalam waktu satu jam. Namun, sebagai informasi, Wiggins masih berusia 35 tahun dan pembalap ini tercatat pernah menjuarai ajang balap sepeda paling bergengsi di dunia; Le Tour de France.

Pelatih Marchand, Jean-Michel Richefort mengaku jika Ia sangat bangga dan bahkan terharu dengan anak didiknya yang sebenarnya lebih mirip layaknya kakek buyutnya ini. Meskipun sempat khawatir andai sang kakek terkena kram, Marchand secara luar biasa mampu tetap fokus dan terus mengayuh sepedanya hingga selesai.

Lucunya, meskipun menorehkan rekor, Marchand justru agak kecewa dengan hasil waktunya ini. Ia mengaku jika tiga tahun lalu Ia mampu mencatat jarak 26,297 km dalam waktu satu jam. Andai Ia memperhatikan tanda peringatan saat waktu mengayuhnya hanya tinggal 10 menit lagi, bisa jadi Ia akan menambah kecepatannya sehingga bisa menempuh jarak lebih jauh. Sayangnya, Ia tidak melakukannya dan harus puas dengan catatan rekornya yang sebenarnya sangat luar biasa ini.