Livophobia Ketakutan Pada Objek Di Sebelah Kiri

DokterSehat.Com – Livophobia adalah ketakutan terhadap benda-benda yang berada disisi kiri. Apapun objeknya, penderita merasa sangat tidak nyaman. Biasanya levophobia muncul dari adanya peristiwa traumatis yang dipadu dengan bangkitnya rasa takut lewat pikiran penderitanya. Kebalikannya, ada pula orang yang takut dengan objek di sisi kanan tubuh dan disebut dengan dextrophobia.

14583928470_ffcd7dfb66_k

Levophobia kadang pula muncul karena pengaruh genetika. Gangguan psikologis ini biasa ditemukan pada orangyang masih usia dini. Suatu peristiwa traumatis yang disertai dengan berbagai ketakutan, juga dapat memicu levophobia.

Gejala levophobia yaitu kerap merasa gelisah berlebihan, takut, dan muncul tanda-tanda kepanikan. Panik sering ditandai dengan napas yang sesak, sangat cepat mengambil napas, naiknya detak jantung, keringat berlebihan, mual, sulit berbicara, hingga gemetar. Begitu penderita merasa tidak nyaman dengan benda-benda di sebelah kirinya, satu atau beberapa gejala ini akan muncul.

Untuk bisa mengatasi levophobia diperlukan terapi yang menggabungkan obat-obatan untuk syaraf dan terapi psikologis. Penanganan dengan obat-obatan belum menyembuhan secara tuntas. Terapi psikologis yang dapat dijalani antara lain hipnoterapi, psikoterapi, hingga neuro linguistic program yang berhubungan dengan pemrograman persepsi di tingkat alam bawah sadar.

Jika mendapati ada orang yang mengalami levophobia, sebaiknya tidak menggoda hanya untuk sebuah bahan becanda. Penderita memerlukan bantuan untuk mendapatkan kesembuhan. Memiliki sebuah fobia bukanlah hal yang menyenangkan.