Lipstik Liquid Ternyata Juga Memiliki Efek Samping Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Salah satu jenis kosmetik yang sedang cukup banyak digandrungi oleh kaum hawa adalah lipstick liquid atau yang juga kerap disebut sebagai lipstick cair. Banyak wanita, khususnya yang masih berusia muda, yang menyukai lipstick ini mengingat kemampuannya dalam membuat bibir memiliki warna yang cantik yang mampu bertahan lama. Selain itu, dengan hanya mengolesnya pada bibir sekali saja, tidak perlu berlapis-lapis, kita sudah bisa membuat warna bibir menjadi lebih cantik.

doktersehat-bibir-wajah-muka

Dibalik berbagai macam kelebihan dari penggunaan lipstick yang tidak mudah patah ini, pakar kesehatan ternyata menyebutkan jika lipstick liquid bisa memberikan efek samping bagi kesehatan kulit bibir. Andai kita menggunakannya terlalu sering, dikhawatirkan kesehatan kulit bibir terganggu dan akhirnya mendapatkan masalah kulit kering.

Menurut pakar kesehatan, lipstick liquid memiliki tekstur matte yang berarti mampu bertahan lama pada bibir dan cenderung lebih sulit untuk dihapus. Andai kita tidak membersihkannya dengan baik saat malam hari, dikhawatirkan kita akan mengalami masalah bibir kering dan pecah-pecah. Andai kita rutin menggunakannya, kulit bibir juga akan cenderung lebih mudah terkelupas.

Jika kita memang sangat menyukai lipstick liquid, kita bisa menggunakan trik khusus untuk menghindari masalah kulit tersebut dan menjaga bibir tetap sehat. Yang harus kita lakukan adalah dengan benar-benar memperhatikan cara menghapus lipstick ini setelah pulang ke rumah. Janganlah hanya menggunakan tisu basah karena tidak akan mampu membersihkan sisa lipstick ini dengan maksimal. Gunakan make-up remover yang memiliki kandungan minyak agar bibir benar-benar bersih. Selain itu, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk melakukan scrub bibir setidaknya sekali dalam seminggu dan juga memijat bibir dengan minyak kelapa agar bibir tetap terjaga kehalusannya, tetap sehat, dan tidak mudah mengalami masalah bibir pecah-pecah dan terkelupas.