Lipedema, Penyakit yang Membuat Distribusi Lemak Tidak Merata Dalam Tubuh

DokterSehat.Com – Seorang gadis bernama Emily Bartley mengalami semacam kondisi langka yang mengenai bagian perutnya yang disebut sebagai lipedema. Bagaimana tidak, meskipun sudah melakukan pola makan yang sehat dan olahraga secara rutin semenjak dua tahun terakhir, lemak yang menumpuk pada beberapa bagian tubuhnya, khususnya pada lemak hingga kaki tidak kunjung hilang. Ia mengaku jika meskipun berat badannya sudah menurun hingga 15 kg, namun, ukuran kaki dan lengannya tetap besar sehingga Ia pun merasa frustasi akan hal ini.

doktersehat-lemak-gemuk-lipedema-melahirkan

Gadis berusia 16 tahun ini mengaku jika Ia sama sekali tidak bahagia dengan kondisi ini dan tidak percaya diri sama sekali. Ia pun akhirnya bertemu dengan seorang pakar kesehatan khusus lipedema yang bernama dr. David Amron. Dari dokter ini, diketahui jika penyakit ini akan membuat sistem metabolisme lemak terganggu dengan parah sehingga lemak pun sama sekali tidak terdistribusi secara maksimal pada seluruh tubuh dan bisa memicu pembengkakan atau inflamasi.

Dr. Amron sendiri menjelaskan lipedema sebagai kelainan apda penyimpanan lemak pada tubuh. Hal ini menyebabkan beberapa bagian tubuh mengalami proporsi yang sama sekali tidak merata layaknya kaki yang kurus namun bagian atas tubuh terlihat lebih gemuk. Bartley pun kemudian puas akan penjelasan ini dan akan melakukan prosedur sedot lemak sebagaimana yang ditawarkan oleh pakar kesehatan.

Dr. Amron menyebutkan jika penyedotan lemak bisa berlangsung selama tiga jam dan membuat lemak-lemak pada area paha dan area lainnya layaknya betis atau lengan atas bisa segera dihilangkan. Uniknya, penyedotan lemak ini tidak membuat seseorang dibius total dan bisa melihat prosesnya. Bartley pun kemudian melakukan operasi untuk menghilangkan kandungan lemak ini. Ia pun kini mulai berolahraga kembali untuk membentuk lengan dan kakinya kembali.