Lipase /Amilase/Protease (Pancrelipase) (2)

Nama: Lipase /Amilase/Protease (Pancrelipase)



Kewaspadaan

  • Sebelum mengambil pancrelipase, beritahu dokter atau apoteker jika Anda alergi; atau alergi protein daging babi; atau jika Anda memiliki alergi lain. Produk ini mungkin mengandung bahan-bahan aktif, yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lainnya. Bicaralah dengan apoteker Anda untuk lebih jelasnya.
  • Sebelum menggunakan obat ini, beritahu dokter atau apoteker riwayat kesehatan Anda, terutama: peradangan pankreas berat yang mendadak (pankreatitis akut), penyakit pankreas dalam jangka panjang yang memburuk, asam urat, penyakit ginjal, kadar asam urat yang tinggi di darah (hiperurisemia), masalah usus (seperti penyumbatan).
  • Jika Anda memiliki diabetes, pancrelipase dapat mempengaruhi kadar gula darah Anda. Cek kadar gula darah Anda secara teratur seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Dokter Anda mungkin perlu menyesuaikan obat diabetes Anda, latihan program, atau diet.
  • Obat ini mungkin membuat Anda pusing. Jangan mengemudi, menggunakan mesin, atau melakukan aktivitas yang memerlukan kewaspadaan sampai Anda yakin Anda dapat melakukan kegiatan dengan aman. Batasi minuman beralkohol.
  • Sebelum menjalani operasi, beritahu dokter atau dokter gigi tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat yang diresepkan dokter maupun yang dibeli secara mandiri di warung, dan produk herbal).
  • Selama kehamilan, obat ini harus digunakan hanya ketika jelas dibutuhkan. Diskusikan risiko dan manfaat dengan dokter.
  • Tidak diketahui apakah obat ini masuk ke dalam ASI. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menyusui.

Interaksi Obat
Interaksi obat dapat mengubah cara obat Anda bekerja atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Artikel ini tidak mengandung semua interaksi obat yang dapat terjadi. Catat semua daftar obat yang Anda gunakan (termasuk obat yang diresepkan dokter maupun yang dibeli secara mandiri di warung, dan produk herbal). Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter Anda.
Beberapa produk yang dapat berinteraksi dengan obat ini meliputi: acarbose, miglitol.

Baca Juga:  Propanolol - Dosis dan Indikasi Dewasa (1)

Overdosis
Jika dicurigai overdosis, bawa ke ruang gawat darurat segera.

Catatan:

  • Jangan berbagi obat ini dengan orang lain.
  • Jika Anda melewatkan dosis, konsumsi segera setelah Anda ingat. Jika dekat waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang tidak terjawab dan melanjutkan jadwal pemberian dosis yang biasa Anda. Jangan minum dosis berganda untuk mengejar ketinggalan.

Penyimpanan
Simpan pada suhu kamar jauh dari cahaya dan kelembaban. Jangan simpan di kamar mandi. Jauhkan semua obat jauh dari anak-anak dan hewan peliharaan.
Jangan siram obat ke toilet atau jangan tuangkan ke dalam saluran kecuali diperintahkan untuk melakukannya. Buang produk ini ketika kedaluwarsa atau tidak lagi diperlukan. Konsultasikan kepada apoteker atau ke pihak pembuangan limbah obat lokal.