Lindungi Ginjal dan Selamatkan Jantung Anda

DokterSehat.Com – Meskipun ginjal berukuran kecil, namun ginjal sangat penting untuk kehidupan kita. Sejumlah peran dilakukan oleh ginjal, termasuk:

doktersehat-gagal-ginjal-akut-penyakit-Hidronefrosis-kanker

  • Menyaring dan membuang sampah dari dalam tubuh
  • Membantu mengatur tekanan darah
  • Menjaga kesehatan tulang
  • Merangsang produksi sel darah merah

Ginjal dapat mengalami kerusakan yang bersifat jangka panjang dapat disebut gagal ginjal kronik. Gagal ginjal kronik paling sering disebabkan oleh 2 penyakit yang paling sering merusak ginjal, yaitu Diabetes Mellitus dan Hipertensi.

Bagaimana Diabetes Mellitus bisa merusak ginjal?

Terlalu banyak gula dalam darah pada jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah kecil. Pembuluh darah kecil tersebut berfungsi sebagai penyaring sampah pada tubuh. Apabila pembuluh darah kecil rusak, maka fungsi penyaringan ginjal tidak berjalan dengan baik, sehingga sampah metabolisme tubuh akan menumpuk dalam pembuluh darah dan tubuh akan menyimpan air dan garam lebih dari yang seharusnya.

Bagaimana Hipertensi merusak ginjal?

Tekanan darah yang tinggi menyebabkan jantung bekerja lebih keras dan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah di seluruh tubuh termasuk pembuluh darah di ginjal. Jika pembuluh darah ginjal rusak maka ginjal akan mengalami gangguan melakukan tugas membersihkan darah.

Ginjal yang Rusak Membahayakan Jantung

Rusaknya ginjal menyebabkan menumpuknya zat-zat yang seharusnya dibuang dan membahayakan jantung. Ginjal juga tidak mampu lagi mengatur keseimbangan tekanan darah sehingga jantung bekerja lebih berat. Itu sebabnya ginjal yang rusak akan membahayakan fungsi jantung, sebaliknya dengan melindungi ginjal berarti kita juga telah menyelamatkan jantung.