Lindungi Diri Dari Kutu Kelamin

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan pada kelamin yang cenderung cukup sering diabaikan adalah serangan dari kutu kelamin. Meskipun memang cenderung cukup jarang terjadi, andai kita malas untuk menjaga kebersihan area kelamin atau kerap beraktifitas di lingkungan yang tidak higienis dan cukup kotor,bisa jadi kita akan terkena serangan kutu kelamin yang bisa menghisap darah ini. Apa yang perlu kita lakukan untuk melindungi diri dari kutu kelamin ini?

doktersehat-pria-skrotum-penis-masalah-kelamin-Pembesaran-Prostat-Jinak-gatal-hematuria-scrotoplasty-kanker-prostat-infeksi-menular-seksual

Pakar kesehatan menyebutkan jika kutu kelamin memiliki bentuk yang mirip dengan kepiting yang memiliki capit namun dengan ukuran yang jauh lebih kecil. Satu hal yang pasti, kutu kelamin ini bisa memicu gatal-gatal yang sangat luar biasa. Beruntung, kutu kelamin ini hanya menyerang area rambut kemaluan saja dan tidak akan memasuki area kelamin sebagaimana yang banyak ditakutkan oleh kaum hawa.

Meskipun hanya akan menyerang rambut kemaluan saja, tetap saja adanya kutu kelamin ini bisa membuat kita tersiksa dengan gatal-gatal yang bisa sangat terasa. Banyak orang yang bahkan terlalu bersemangat menggaruk area rambut kemaluan hingga lecet-lecet. Padahal, menurut pakar kesehatan, ada baiknya kita tidak menggaruk gatal-gatal yang disebabkan oleh kutu kelamin karena bisa saja memicu infeksi.

Untuk mencegah datangnya kutu kelamin, kita tentu harus menjaga kebersihan dan kelembaban dari area organ vital kita. Pastikan area kemaluan tidak begitu lembab sehingga tidak akan menjadi tempat yang ideal bagi kutu kelamin untuk hidup. Selain itu, gunakan pakaian dalam yang berbahan katun karena bisa menyerap keringat pada area kemaluan dengan lebih baik yang tentu akan berimbas pada terjaganya kelembaban pada area tersebut. Selain itu, rajin-rajinlah mencukur rambut kemaluan sehingga kutu kelamin pun tidak akan tertarik untuk menyerang area kemaluan kita.