Lima Posisi Tubuh Yang Tidak Baik Untuk Kesehatan

DokterSehat.Com – Bicara soal duduk saya harap semua bisa membacanya dengan seksama, karena ini juga mempunyai resiko yang cukup tinggi bila terjadi kesalahan posisi duduk. Posisi duduk yang salah bisa mengakibatkan masalah postur tubuh yang akan berdampak terhadap kesehatan secara menyeluruh. Ketahui cara duduk yang sehat agar tak menimbulkan penyakit.

18

Duduk untuk jangka waktu yang lama dan dilakukan tahun demi tahun bisa membuat sirkulasi menurun, metabolisme melambat, ketidakseimbangan kadar gula darah dan menimbulkan tekanan pada otot keseimbangan postural.

Berikut adalah lima posisi yang membahayakan bagi kesehatan :

  1. Tidur dalam posisi tengkurap
    Tidur dengan posisi perut di bawah dapat membahayakan payudara dan wajah, posisi ini membuat payudara dan wajah menjadi tertekan, sehingga lebih mudah membentuk kerutan di wajah dan payudara dapat mengendur. Posisi tidur terbaik adalah terlentang. Posisi menyamping juga tidak dianjurkan.
  1. Menyilangkan kaki
    Hilangkan kebiasaan Anda menyilangkan kaki. Dengan menyilangkan kaki, kita menempatkan terlalu banyak tekanan pada pembuluh darah yang dapat memicu varises.
  1. Menopang dagu
    Banyak orang yang sering menopang dagu mereka, padahal posisi ini menciptakan ketegangan di kulit yang membuat garis ekspresi dan kerutan.
  1. Postur tubuh
    Memperhatikan postur saat berjalan, duduk dan berdiri sangat penting. Postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan masalah tulang yang memicu stres tulang.
  1. Posisi buruk saat menggunakan telepon
    Menggunakan telepon yang diselipkan di antara bahu dan telinga untuk membebaskan tangan Anda, sangat tidak disarankan. Posisi ini menekan leher. Selain mengakibatkan nyeri leher, dapat menekan otot wajah yang dapat membentuk kerutan.

Tidak hanya itu, bakteri juga dengan mudah menyebar ke wajah. Untuk kesehatan tubuh dan kecantikan, gunakanlah earphone saat mengangkat telepon.